ACT

SBY-Prabowo Dukung Denny Indrayana, Soal Cawagub Kalsel Diserahkan ke Parpol

0 350

MANTAN Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Denny Indrayana semakin mantap maju di pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel 2020. Jika sebelumnya pria yang akrab disapa Haji Denny ini, mendapat dukungan dari Partai Demokrat, kabar terbaru Partai Gerindra menyatakan sikap serupa bagi sang profesor hukum ini menatap Pilgub Kalsel 2020.

“ALHAMDULILLAH, tadi malam bertemu dengan Pak Menhan, yang juga Ketua Umum DPP Partai Gerindra. Saya dipanggil Pak Prabowo, dan meminta izin Ketua DPD Gerindra Kalsel Haji Abidin, untuk hadir ke kediaman Pak Prabowo di Kertanegara, Jakarta,” kata Haji Denny kepada awak media melalui WA, Selasa (30/6/2020).

Menurut Denny, Prabowo mendukung dirinya karena telah membantu sang mantan Danjen Koppasus tersebut, termasuk menjadi tim kuasa hukum saat berperkara di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil Pilpres 2019 lalu.

“Jadi, wajar, bila kini giliran  Partai Gerindra yang mendukung dirinya di Pilgub Kalsel 2020,” ucap Denny, menirukan pernyataan Prabowo.

BACA : Surat Tugas Demokrat Jadi Pertimbangan Gerindra Lirik Denny Indrayana

Dengan dukungan Partai Gerindra tersebut, Denny sudah tinggal memastikan pendaftaran ke KPU Kalsel. Karena sebelumnya, Denny telah mendapatkan dukungan penuh dari Partai Demokrat, parpol besutan Presiden ke-6, SBY tersebut.

Menurut Denny, Partai Demokrat mendukung dirinya karena melihat kapasitas dan integritasnya selama ini. Denny pun dikenal sebagai pegiat anti korupsi lewat Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, akademisi dan advokat.

“Dukungan dari Ketua Umum Partai Demokrat, AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), semakin tegas setelah saya bertemu dengan Presiden ke enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono pada Minggu (28/6/2020) di kediaman beliau. Dalam pertemuan itu, Pak SBY sambil tersenyum mendoakan saya menang di Pilgun Kalsel 2020,“ ujar Denny.

BACA JUGA : Didukung Demokrat, Denny Indrayana Langsung Tancap Gas Galang Koalisi

Gabungan 8 kursi Partai Gerindra dan tiga kursi Partai Demokrat sudah memenuhi syarat untuk Denny maju di Pilgub Kalsel 2020. Dengan total 55 kursi DPRD Provinsi Kalsel, maka 11 kursi Gerindra-Demokrat sudah memenuhi syarat minimal 20 persen kursi pencalonan.

Namun, Denny rupanya tidak hanya memastikan 11 kursi DPRD Provinsi Kalsel. Denny yang saat ini sedang di Jakarta, terus berkeliling dan memastikan mendapat dukungan partai lainnya. Namun, ia belum mau mengungkapkan partai mana saja yang ditemuinya.

“Saya terus membangun komunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi. Insya Allah dalam waktu dekat partai koalisi kami akan mendeklarasikan dukungannya,” ujar Denny.

BACA JUGA : Jika PDIP Berani Usung Kader, Dinamika Pilgub Kalsel Jauh Lebih Menarik

Terkait bakal calon Wakil Gubernur Kalsel ke depan, Denny mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan koalisi parpol yang mendukungnya. Sempat beredar sejumlah nama yang bakal menjadi calon wakilnya. Seperti Ketua DPC Gerindra Banjarbaru Syahrani yang juga mantan Sekdakot Banjarbaru.

Kemudian, ada pula nama politisi perempuan Partai Golkar Kalsel, Dewi Damayanti Said, putri mantan Gubernur Kalsel HM Said hingga mantan Wakil Bupati Tanah Bumbu, Difriadi Darjat yang juga kader Gerindra.

“Ulun (saya) serahkan ke parpol koalisi. Ketua DPD Partai Gerindra Kalael, Haji Abidin dan kawan – kawan,” ujar Denny saat ditanya siapa bakal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya Pilkada Kalsel 2020 mendatang.(jejakrekam)

Penulis Deden
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.