Masyarakat Kalsel Kini Bisa Bayar PBB Online di Tokopedia

0

TOKOPEDIA menjalin kemitraan strategis dengan Pemprov Kalimantan Selatan dalam menyajikan fitur pembayaran pajak bumi dan pembangunan (PBB) yang bisa dinikmati masyarakat Kalsel secara online.

DIREKTUR Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, mengungkapkan pihaknya terus berupaya mempermudah masyarakat. Salah satunya Kalimantan Selatan agar tetap memenuhi kewajiban perpajakannya sekaligus berkontribusi meningkatkan penerimaan daerah di tengah pandemi ini.

“Tokopedia menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama yang bekerja sama langsung dengan Pemprov Kalsel untuk menghadirkan fitur pembayaran PBB secara online,” ucap Astri Astuti dalam siaran pers yang diterima jejakrekam.com, Selasa (30/6/2020).

Sebelumnya, Tokopedia telah menghadirkan fitur PBB online ini di berbagai daerah, termasuk Jawa Tengah. Kemudahan ini terbukti mendorong kesadaran masyarakat akan membayar PBB.

Hal ini terlihat dari peningkatan nilai transaksi fitur PBB, salah satunya Jawa Tengah, menjadi lebih dari 13 kali lipat selama April 2020 dibandingkan bulan sebelumnya.

BACA : Pakai e-filling, Gubernur Kalsel Kasih Contoh Lapor SPT Pajak Tahunan

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengapresiasi kerja sama dengan Tokopedia untuk menghadirkan fitur pembayaran PBB online.

“Kolaborasi ini adalah salah satu upaya bersama untuk mempermudah masyarakat membayar pajak dimanapun dan kapan pun. Harapannya, fitur ini dapat mendorong lebih banyak masyarakat Kalimantan Selatan membayar pajak dengan lebih mudah dan cepat,” ucap Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Orang nomor satu di Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan dengan pembayaran PBB secara langsung dapat menjaga perputaran roda ekonomi daerah bahkan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

BACA JUGA : Dana Perimbangan Turun, APBD Banjarmasin 2020 Defisit Rp 200 Miliar

Senada itu, Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin menambahkan pihaknya turut mendukung kolaborasi antara Tokopedia dengan Pemprov Kalsel sebagai wujud komitmen untuk menjadi bagian dari pemerintah daerah dalam membantu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Terutama, dari pembayaran pajak masyarakat dengan transaksi non tunai. Sebab, kata Agus, melalui kemitraan yang memanfaatkan teknologi, Bank Kalsel selalu berupaya memberikemudahan dan kecepatan dalam pembayaran pajak PBB sehingga masyarakat tetap dapat memenuhi kewajiban perpajakan dimana saja dan kapan saja, bahkan di tengah pandemi.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati layanan ini dapat memasukkan nomor pembayaran/nomor pokok objek pajak/SPPT PBB di halaman yang sudah disediakan.

BACA JUGA : Dipasang Tapping Box, Omzet Menurun, Manager Rocket Chicken Akui Alami Kerugian

Kemudian, memilih kota/kabupaten yang ingin dibayarkan dalam platform Tokopedia dan nilai tagihan akan muncul. Pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai metode pembayaran, termasuk transfer antar bank, dompet digital dan sebagainya.

Selain membayar PBB secara online, masyarakat juga dapat menemukan berbagai pilihan produk digital lainnya di Tokopedia, mulai dari beli pulsa, tagihan air, listrik hingga premi asuransi dan masih banyak lagi.

“Tokopedia ke depan akan terus menjalin kerja sama dengan berbagai mitra strategis, termasuk pemerintah Kalimantan Selatan dan daerah lainnya, guna  memaksimalkan potensi penerimaan negara sebagai jembatan pemerataan ekonomi secara digital,” kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Astuti.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.