ACT

Berbatasan dengan Kaltim, Anggota DPR RI Syaifullah Tamliha Bantu APD untuk Puskesmas Jaro

0 118

ANGGOTA Komisi I DPR RI asal Fraksi PPP Syaifullah Tamliha melalui tim ahlinya rajin menyambangi beberapa fasilitas kesehatan untuk dibantu alat pelindung diri (APD) dan lainnya dalam memerangi virus Corona (Covid-19).

JIKA sebelumnya, RSUD H Badaruddin Kasim (RSHBK) Mabu’un Tanjung, kini giliran Puskesmas Jaro yang berada d wilayah perbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur.

Anggota DPR RI tiga periode melalui tim ahlinya menyerahkan 50 pcs APD lengkap yang terdiri dari baju hazmat, masker, sarung tangan, sepatu bot dan pelindung muka (shield face) diterima Kepala Puskesmas Jaro, dr Semiatun, Selasa (30/6/2020).

Melalui Tenaga Ahli Anggota DPR RI, Syaifudin Al Ansyari, Syaifullah Tamliha mengatakan petugas kesehatan merupakan garda terdepan dalam menghadapi Covid-19.

BACA : 35 Kantong Jenazah dan 50 APD Disuplai Syaifullah Tamliha untuk RSUD Moch Ansari Saleh

“Karenanya, mereka harus selalu didukung dalam menjalankan tugasnya. Jangan sampai ada lagi petugas kesehatan yang terpapar virus Corona ini. Ini penting kita memenuhi APD mereka,” ucap Syaifullah Tamliha.

Mantan Sekretaris DPW PPP Kalsel ini menegaskan sengaja memilih Puskesmas Jaro karena merupakan fasilitas kesehatan yang paling ujung Kabupaten Tabalong dan Kalimantan Selatan yang berbatasan langsung dengan provinsi tetangga, Kaltim.

“Berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur, tentu puskesmas ini akan memerlukan APD lebih banyak dibanding puskesmas-puskemas lain yang tidak berbatasan dengan provinsi tetangga,” ujar Syaifullah.

BACA JUGA : Bantu RSUD Pambalah Batung, Syaifullah Tamliha Sumbang APD dan Kantong Mayat

Selain telah dibantu APD oleh Pemkab Tabalong, Syaifullah mengatakan Puskesmas Jaro sebagai penjaga pintu masuk provinsi patut mendapat perhatian serius. “Makanya, kami berikan 50 pcs APD lengkap,” katanya.

Kepala Puskesmas Jaro, dr Semiatun mengucapkan terimakasih atas bantuan APD yang diberikan oleh anggota DPR RI dari Fraksi PPP Syaifullah Tamliha.

“Ini pertama kali, Puskesmas Jaro mendapat bantuan APD dari pihak luar, dengan adanya bantuan APD ini kami sangat terbantu sekali,” ujarnya.

Menurut Semiatun, bantuan APD ini pula tentu akan dapat membantu pihaknya dalam menjaga dan melindungi petugas kesehatan dari penularan Covid-19.

“Sebab, saat ini, Kecamatan Jaro baru memasuki tahapan awal dalam penularan Covid-19 yang sebelumnya belum ada masyarakat yang terpapar virus ini,” ucap dokter ini.

Menurut dia, tak hanya APD, pihaknya juga membutuhkan rapid test, karena sampai saat ini pihaknya hanya memiliki stok tiga alat uji cepat itu. Padahal, kata Semiatun, sebagai puskesmas yang berbatasan langsung dengan provinsi lain tentu akan membutuhkan rapid test lebih banyak.

BACA JUGA : Anggota DPR Syaifullah Tamliha Ajak Masyarakat Bangun Nasionalisme

“Kami berharap ada bantuan rapid test kit yang akan disalurkan ke puskesmas ini agar kebutuhan rapid di Kecamatan Jaro dapat terpenuhi. Kami sangat terbuka dan berharap jika ada bantuan itu, termasuk dari Pak Syaifullah Tamliha sendiri,” katanya.

Terpisah, Plt Camat Jaro Rahmatullah Putera Perdana memberi apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh anggota DPR RI dari Fraksi PPP H Syaifullah Tamliha.

“Karena saat ini seluruh puskesmas, termasuk puskesmas di Kecamatan Jaro juga sangat membutuhkan APD, namun ketersediannya sangat terbatas. In sangat penting bagi tenaga medis dalam menghadapi wabah Corona,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.