ACT

Bukan Hj Ananda, Golkar Resmi Usulkan Duet Haris Makkie-H Yuni di Pilwali Banjarmasin 2020

0 243

NAMA Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie dan Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Kalsel 3 (Batola) DPD Partai Golkar Kalsel, H Yuni Abdi Nur Sulaiman resmi didampuk beringin untuk pemilihan Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin 2020 mendatang.

PENETAPAN duet Haris Makkie-Yuni Abdi Nur Sulaiman ini telah melewati tahapan penjaringan yang berlangsung di DPD Partai Golkar Kalsel.

Ketua Tim Penjaringan Pilkada DPD Partai Golkar Kalsel, Puar Junaidi menegaskan penetapan pasangan Haris Makkie-Yuni Abdi Nur Sulaiman sebagai bakal calon Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin usungan beringin telah memenuhi prosedur yang berlaku.

“Dari awal penjaringan bakal calon termasuk proses sebelum dilakukan penetapan untuk diusulkan mendapatkan pengesahan dari DPP Partai Golkar,” ucap Puar Junaidi kepada awak media dalam jumpa pers di Sekretariat DPD Partai Golkar Kalsel, Banjarmasin, Senin (29/6/2020).

BACA : Walikota Ibnu Sina Didukung Demokrat? PKS Bantah Klaim Sepihak Usung Haris-Yuni

Ia menegaskan penetapan nama Haris Makkie-Yuni Abdi Nur Sulaiman, termasuk nama-nama bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Pilkada Kalsel 2020 telah menempuh tahapan yang cukup panjang.

“Termasuk, kami juga meminta pendapat dalam rapat dengan Badan Kehormatan, Badan Pertimbangan dan Badan Pakar yang ada di DPD Golkar Kalsel. Ada pula hasil survei yang telah dilakukan menjadi acuan,” ucap mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Menurut Puar, semua tahapan yang berlangsung memang bukan sebuah jaminan bagi nama yang ditetapkan sebagai jago Golkar. Ia tak memungkiri ada beberapa faktor lainnya yang turut menentukan.

BACA JUGA : Hj Ananda Kantongi Surat Tugas, Supian HK : Golkar Kalsel Hanya Usulkan Haris Makkie

Ia menyebut faktor lainnya seperti kemampuan finansial, usia, dan berbagai macam ketentuan yang harus dipenuhi sang kandidat yang melamar ke Partai Golkar.

“Sebagai tim pemenangan, kami selalu melaporkan kepada Bappilu DPD Partai Golkar Kalsel. Jadi, evaluasi akhir dalam penetapan berdasarkan rapat-rapat yang sudah ditentukan yang disepakati secara bersama,” cetus Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kalsel.

Masih menurut Puar, apa yang telah diputuskan pihaknya dengan memenuhi berbagai pertimbangan sesuai petunjuk teknis dan pelaksanaan peraturan pilkada di Golkar.

Senada itu, Ketua Bappilu DPD Partai Golkar Kalsel, H Supian HK menegaskan sejumlah nama figur yang akan diusung  ke DPP Golkar telah memenuhi syarat prosedural.

BACA JUGA : Akui Hanya Terima Surat Tugas, Ananda Siap Penuhi Panggilan DPD Partai Golkar Kalsel

“Termasuk untuk Pilwali Banjarmasin, DPD Golkar Kalsel sejak awal telah menetapkan calon tunggal yakni Abdul Haris Makkie (Sekdaprov Kalsel) untuk maju di pemilihan walikota,” cetus Ketua DPRD Kalsel ini.

Ia menyebut sebenarnya ada dua nama yang diusulkan untuk mendampingi Haris Makkie. Yakni, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Hj Ananda dan pengusaha muda dari Hasnur Group, H Yuni Abdi Nur Sulaiman.

BACA JUGA : Beredar Video, Supian HK Tunjukkan SK Golkar untuk Haris Makkie-H Yuni di Pilwali Banjarmasin

“Ternyata, melalui proses panjang dari tim penjaringan, yang banyak dapat dukungan justru saudara Yuni Abdi Nur Sulaiman. Hingga saat ini, untuk nama Hj Ananda belum ada dukungan dari partai,” ucapnya.

Dengan diusungnya duet Haris Makkie-H Yuni Abdi Nur Sulaiman, Supian berharap DPP Partai Golkar akan sejalan dengan keputusan yang telah diambil tingkat provinsi untuk menatap Pilwali Banjarmasin 2020 mendatang.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.