Pastikan Kesehatan Anggotanya, Bawaslu dan Panwaslu Balangan Lakukan Rapid Test

0

JAJARAN Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Balangan dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan melakukan rapid test melalui Dinas Kesehatan Balangan, Rabu (24/6/2020).

SEBANYAK 175 orang itu terdiri dari ketua, anggota, kepala dan koordinator sekretariat, dan seluruh staf sampai tingkat Panwaslu kelurahan ,dan desa mengikuti kegiatan ini.

Ketua Bawaslu Balangan,  Rosmelyanoor mengatakan itu semua dilakukan dalam rangka persiapan verifikasi faktual.  “Pelaksanaan rapid test kita lakukan untuk memastikan kesehatan anggota Bawaslu dan panwas kita, untuk memastiakan tidak terpapar covid 19,” terangnya.

Menurut dia, sesuai PKPU Nomor 5 tahun 2020, pada 24 Juni sampai 12 Juli, dilakukan tahapan verifikasi faktual di tingkat desa/kelurahan selama empat belas hari. Atau, sejak dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon diterima PPS (panitia pemunggutan suara).

Dia juga memastikan, Jajaran pengawas siap melakukan pengawasan di tengah pandemi Covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan termasuk melakukan rapid test terlebih dahulu.

“Bila nanti hasil Rapid tes ini ditemukan anggota yang positif Covid 19, kami akan non aktifkan dulu anggota tersebut, semua ini dilakukan supaya kinerja pengawasan dan pemantauan Pilkada Balangan ini bisa maksimal,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.