Dinilai Terbaik, KTB Desa Ambungan dan Tirta Jaya Dipuji Kapolda-Danrem Antasari

0

DUA Kampung Tangguh Banua (KTB) yang berada di Kabupaten Tanah Laut yakni KTB Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari dan Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin, diapresiasi keberadaannya.

HAL ini terungkap saat Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah serta Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel Sugian Noorbah melihat secara langsung dua KTB, Kamis (25/6/2020) siang.

Menurut Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta,  apresiasi memang layak diberikan kepada 2 KTB yang dikunjungi pihaknya. Ini lantaran terlihat adanya sinergisitas antar stakeholder mulai pihak Polsek, Koramil serta kepala desa khususnya masyarakat desa sendiri.

“KTB Desa Ambungan dan Desa Tirja Jaya ini dapat menjadi percontohan bagi desa lain dalam rangka membangun kemandirian dalam melawan penyebaran Covid-19 di Kalsel,” kata Nico Afinta.

BACA : Adopsi dari Jawa Timur, Kampung Tangguh Banua Tangkal Corona Menyebar di Kalsel

Senada itu, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menilai keberadaan Kampung Tangguh merupakan upaya membangun ketahanan lingkungan berbasis masyarakat dalam melawan penyebaran Covid-19.

“Dengan pembentukan KTB dapat membentuk kemandirian dan ketangguhan  masyarakat melawan bencana wabah sehingga tak selalu bergantung dengan pemerintah setempat,” kata Firmansyah.

Setelah mengunjungi dua KTB di Tanah Laut,  Firmansyah menilai apa yang ditampilkan luar biasa. Bahkan dibandingkan dengan KTB yang telah dikunjungi unsur Forkopimda sebelumnya. “KTB yang ada di Tanah Laut ini jelas terbaik,” puji Firmansyah.

BACA JUGA : Walikota Ibnu Sina Ingin Model Kampung Tangguh Banua Basirih Ditiru

Sementara itu, Bupati Tanah Laut Sukamta menjelaskan upaya mendukung pemutus mata rantai penyebaran Covid 19 di wilayahnya melalui kampung tangguh terus dilakukan dan disosialisasikan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah dari 10 wilayah rencana pembentukan kampung tangguh, sudah 9 wilayah yang siap dan sisanya satu desa akan menyusul. Mudah-mudahan ini ikhtiar kita semua dalam pemutusan penyebaran Covid 19 di Tanah Laut,” papar Sukamta.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.