Tim Sword Puskesmas Tambang Ulang Sasar Warga Desa Pulau Sari

0

TIM Covid Puskesmas Tambang Ulang kembali mengaspal. Dengan inovasi swab on the road (sword) atau sistem pemeriksaan swab jemput bola kini menyasar warga Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Selasa (23/6/2020).

GAYUNG bersambut, kegiatan untuk menelusuri warga yang terjangkit atau tidak virus Corona ini mendapat respon dari masyarakat. Seorang pasien mengaku sangat terbantu dengan hadirnya tes swab jemput bola ala Puskesmas Tambang Ulang tersebut.

“Kalau kami datang ke puskesmas, tentu makan ongkos lagi. Sekarang, mereka yang datang ke tempat kita,” ucap seorang warga tak ingin dikutip namanya.

BACA : Bikin Inovasi, Puskesmas Tambang Ulang Putus Mata Rantai Covid-19 dengan Sword

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tambang Ulang, Fauzi Rifani mengungkapkan sudah ada 15 warga Desa Pulau Sari yang telah menjalani pemeriksaan swab.

“Sebelumnya, kami melaksanakan pemeriksaan rapid test untuk 61 warga desa. Mereka sebelumnya sudah disaring sebagai pelaku perjalanan, risiko kontak karena pekerjaanya dan mereka yang riwayat kontak dengan pasien dalam pengawasan (PDP) dan kasus konfirmasi Covid-19,” papar Fauzi Rifani.

Dengan dukungan armada dari Gugus Tugas Percepatan Penangana Covid-19, Fauzi mengatakan upaya tracking (pelacakan), tracing (penelusuran) dan testing (pengujian) dalam mendeteksi sebaran kasus Covid-19 cukup efektif lewat inovasi sword.

“Jadi, pemeriksaan pasien langsung di dekat rumahnya, maka kita dapat mempercepat pelaksanaan pemeriksaan SWAB sebagai tindakan menegakkan diagnosis, sehingga pada akhirnya rantai penyebaran Covid-19 bisa cepat diputus,” tuturnya.

BACA JUGA : Kantor Imigrasi Banjarmasin Pulangkan 24 TKA Asal Cina

Tim sword yang diterjunkan Puskesmas Tambang Ulang ini terdiri dari dokter umum, ahli teknologi laboratorium medik (ATLM), petugas surveilans serta petugas promosi kesehatan (Promkes) dibantu dengan bidan Desa Pulau Sari.

“Pemeriksaan swab ini kami lakukan sangat cepat sekali. Tidak sakit, bahkan pasien hanya terasa geli sedikit,” ujar dr Aulia Rachman yang melakukan pengambilan swab.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.