Terapkan Aplikasi Siwalan, 500 Warga Reaktif Rapid Test Diswab Massal Biddokes Polda Kalsel

0

BIDANG Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Kalsel melakukan tes swab massal terhadap 500 warga yang reaktif rapid test di halaman Kantor Gubernur Kalsel lama, Jalan Jenderal Sudirman, depan Siring 0 Kilometer, Rabu (24/6/2020).

PELACAKAN dan penelusuran terhadap 500 warga yang reaktif atas tes cepat ini dilakukan Biddokes Polda Kalsel dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-74 bekerjasamaa dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

 “Jadi pemeriksaan swab ini adalah orang-orang yang sudah kena tracking dari Dinas Kesehatan Banjarmasin. Jadi, kami masukan datanya di aplikasi Siwalan (Aplikasi Swab Berjalan),” ucap Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim kepada awak media.

BACA : Biddokes Polda Kalsel Lakukan Tes Swab Terhadap 129 Warga Reaktif Rapid Test

Aplikasi Siwalan bisa digunakan masyarakat cukup memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) maka akan muncul barcode, sehingga petugas bisa langsung membaca dari kumpulan data optik itu dilakukan swab test.

“Dengan adanya aplikasi ini proses bersentuhan antara petugas dan peserta swab sangat berkurang. Target kami hari ini, ada 500 peserta. Namun, kalau ada tambahan warga yang ingin di-swab, kami siap,” kata Erwinn.

BACA JUGA : Ada Ambulance Inovasi Biddokes Polda Kalsel, Rapid Test Covid-19 Makin Mudah

Aplikasi Siwalan ini dibuat oleh anggota Biddokes Polda Kalsel. Menurut Erwinn, ke depan aplikasi ini digunakan di seluruh puskesmas. Sebab, hasil swab pun dapat diketahui di aplikasi tersebut, ketika uji laboratorium dari lendir dahak orang yang diambil telah selesai.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.