Husairi Abdi

Tinjau Perbatasan Kaltim-Kalsel, Supian HK Ingin Pintu Gerbang ke Ibukota Negara Dipermak

0

ROMBONGAN DPRD Kalimantan Selatan ramai-ramai mengunjungi kawasan perbatasan Kalsel-Kaltim di Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, pada Senin (22/6/2020) siang tadi.

DALAM kunjungan kerja itu, dewan ingin memastikan kesiapan infrastruktur di sepanjang jalur pintu masuk Kalsel-Kaltim, seiring ditetapkannya Penajam Paser Utara sebagai ibu kota negara (IKN) baru.

Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Supian HK, dalam kunjungan itu berkata ada beberapa infrastruktur vital yang sebisa mungkin diperbaiki menuju proses pemindahan ibu kota negara. Misal saja, pintu gerbang dan jalan utama Trans Kalimantan.

“Kawasan perbatasan tersebut bukan lagi sekedar jalan penyambungkan antar provinsi biasa. Tetapi merupakan jalan provinsi menuju ke ibukota negara. Kita ingin gerbang perbatasan berikut jalannya ditingkatkan lagi,” kata Supian HK.

Untuk gerbang perbatasan, politisi Golkar ini berharap desainnya bisa diatur dengan ornamen Rumah Banjar. Sedangkan, untuk jalan utama bisa diperlebar sebanyak dua meter. Diyakini, nantinya akan banyak dilalui kendaraan bermotor seiring perkembangannya.

BACA: Diapit Kaltim dan Kalteng, Perbatasan Kotabaru, Batola dan Tabalong Diterapkan Cekal Covid-19

“Nanti kami juga akan koordinasikan ini ke Balai Jalan Besar Kementerian PU,” pungkas politisi Partai Golkar ini.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun yang menyertai rombongan dari Kalsel, menyambut baik dan sepakat atas gagasan pembenahan pintu gerbang perbatasan tersebut. Pihaknya pun akan mengusulkan penganggaran di Pemprov Kaltim.

“Pintu gerbang ini merupakan pintu masuk ke ibukota negara nantinya, tentu kita akan usulkan adanya perbaikan dan akan kami anggarkan,” kata Muhamas Samsun. (jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.