Lapas Anak Martapura, Kedatangan Perpustakaan Keliling

0

ARMADA Perpustakaan Keliling (Pusling) Dispersip Kalsel mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Klas IIA Martapura, Senin (22/6/2020).

DUA maskot baca Kalsel “Si Raja Baca” dan “Si Ratu Baca” turut menyemarakkan kedatangan empat buah mobil pusling dengan membawa lebih 400 buku.

Dipimpin langsung Kadispersi Kalsel Nurliani Dardie, kedatanga mereka disambut baik Kalapas Anak Klas IIA Martapura Rudi Sarjono. Berbeda dengan sebelumnya, mobil Pusling tidak dimasukkan ke dalam lapas anak.

“Biasanya sebelum terpaan Covid-19 ini kami sebulan 1-3 kali berkunjung ke lapas Anak kelas IIA Martapura. Dan kami memasukkan mobil jadi terserah anak- anak saja memilih buku yang ingin dibaca. Untuk sekarang kami menyortir buku guna mencegah penyebaran covid-19 ini ke anak- anak ,” terang Bunda Nunung, sapaan akrabnya.

Buku-buku yang dibawa sekarang berbagai jenis buku bacaan seperti novel, buku agama, ilmu Pengetahuan dan keterampilan. Nantinya, pihak Pusling dalam kunjungan berikutnya akan mengganti dengan bacaan yang baru. Dalam kunjungan kali ini Bunda Nunung juga mengajak bercengkrama bersama anak- anak penghuni Lapas Anak Kelas II A Martapura.

“Intinya mereka kapok dan tidak akan mengulangi lagi, kesalahan dari semua pihak lah yang membuat mereka seperti ini , kurangnya pengawasan dari orang tua dan masyarakat juga termasuk,” paparnya.

BACA JUGA : Perpustakaan Keliling Sambangi Lapas Karang Intan

Bunda Nunung juga menyampaikan peranan penting Pusling ini untuk lapas Anak Kelas IIA Martapura ini guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anak-anak. Karena ilmu pengetahuan tidak hanya ada di bangku sekolah, tapi bisa lewat dari buku-buku.

Sementara Kalapas Rudi Sarjono menyambut baik kedatangan Pusling karena sangat bermanfaat bagi para anak- anak yang berjumlah 43 anak di tempatnya.

“Kami di sini juga ada Perpustakaan sekitar 1.300 buku. Datangnya Pusling ini bersama Ibu Nurliani ini sangat bagus karena minat baca anak- anak penghuni Lapas Anak kelas IIA Martapura sangat tinggi,” ungkapnya.

AB (11) salah satu penghuni Lapas Anak kelas II A Martapura yang suka membaca pun ini sangat senang datangnya Pusling ini.

“Saya sangat senang datangnya Pusling ini tentunya untuk menambah ilmu pengetahuan saya, apalagi ini di pinjamkan jadi sesuka hati untuk membaca apa saja dan tentunya mengisi waktu di Lapas Kelas II A Anak Martapura, Semoga Pusing ini terus datang kemari” harapnya.(Jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.