Permudah Akses Informasi Bencana, BPBD Balangan Buat Aplikasi SIPANA

0

BADAN  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan membuat aplikasi baru berbasis android untuk menunjang informasi kebencanaan.

APLIKASI tersebut bernama SIPANA dengan kepanjangan (Sistem Informasi Penanggulangan bencana) BPBD Balangan.

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love menjelaskan, hadirnya aplikasi ini merupakan salah satu upaya menyediakan informasi terkini kepada masyarakat terkait bencana, sebagai salah satu upaya menanggulangi bencana untuk mengurangi dampak atau kerugian yang ditimbulkan, Kamis (18/6/2020).

BACA : BPBD Balangan Sebar Spanduk Dan Baliho Tentang Protokol Kesehatan Covid-19

“SIPANA BPBD Balangan merupakan implementasi pemanfaatan teknologi informasi bagi penanggulangan bencana, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi secara cepat, akurat, efektif, dan efisien,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Alive, bahwa fitur yang tersedia di aplikasi SIPANA BPBD Balangan ada berita terkini, layanan lapor, peringatan dini, cuaca, dan info covid-19 di Balangan.

Melalui aplikasi ini masyarakat atau pengguna dapat berpartisipasi melaporkan bencana yang terjadi, serta mendapatkan informasi terkini, cuaca, seputar covid-19 dan peringatan dini terkait bencana.

“Fitur yang tersedia di SIPANA BPBD Balangan akan terus kami kembangkan guna memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat khususnya terkait informasi dan penanggulangan bencana daerah,” katanya.

Masih dijelaskan Alive, bahwa bagi masyarakat aplikasi SIPANA BPBD Balangan dapat didownload atau diunduh secara gratis menggunakan smart phone berbasis android melalui play store. Setelah diinstal pengguna dapat langsung menggunakan aplikasi tersebut dengan melakukan registrasi terlebih dahulu.

Adapun proses registrasi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, pengguna cukup memasukkan identitas diri seperti nama, alamat, email, nomor telpon, serta membuat username dan password sendiri untuk login. “Semoga aplikasi ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya Kabupaten Balangan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.