ACT

Tak Hanya Calon Walikota, Generasi Muda NU Nilai Haris Makkie Layak Gubernur Kalsel

0 408

KETUA Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie dinilai layak memimpin provinsi ini. Pengalamannya sebagai birokrat ulung meniti karier dari pejabat terendah hingga tertinggi, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalimantan Selatan, jadi modal mengelola pemerintahan.

PENILAIAN ini dicetuskan Generasi Muda Nahdlatul Ulama (NU) Kalsel yang mendeklarasikan dukungan bagi Haris Makkie untuk maju sebagai Calon Gubernur di Pilkada Kalsel 2020.

“Sebagai umara dan juga ulama, beliau layak memimpin Kalsel. Karena itu, kami generasi milenial NU Kalsel, mendukung beliau mencalonkan diri sebagai gubernur,” kata tokoh muda NU Kalsel, M Shaufi kepada awak media di Banjarmasin, Kamis (18/6/2020).

Menurut Shaufi, aspirasi mengusung Abdul Haris Makkie ini, muncul dari rapat tertutup generasi muda NU. Dari pertemuan itu, ada beberapa alasan munculnya aspirasi ini.

BACA : Bakal Diusung Golkar-PDIP? Haris Makkie Nyatakan Diri Siap Mencalon Jadi Walikota Banjarmasin

Di antaranya, Kalsel penduduknya mayoritas merupakan pendukung ormas Islam, NU atau warga Nahdliyin, baik struktural maupun kultural. Bahkan, bila digabungkan dengan organisasi lainnya di bawah NU, jumlahnya di Kalsel mencapai 4 jutaan orang.

“Kami menilai, sudah saatnya mengembalikan kejayaan NU. Belakangan ini, NU hanya dimanfaatkan sebagai kendaraan politik untuk mencari suara oleh orang -orang di luar. Setelah terpilih, kemudian NU ditinggalkan,” papar Shaufi.

BACA JUGA : Haris Makkie Incar Kendaraan Politik untuk Pilwali Banjarmasin 2020

Menurut dia, ke depan orang NU yang harus memimpin Banua. Seperti di masa lalu. Seperti Gubernur Aberani Sulaiman, Gubernur Muhammad Yamani, hingga gubernur legendaris, HM Said kala itu bagian dari perjuangan NU.

Poin lainnya, Shaufi mengingatkan, pemilih di Pilkada 2020 bakal didominasi generasi milenial. Seperti mereka yang merupakan generasi muda NU bakal siap dengan pilihan dan petunjuk dari para ulama.

Soal wacana Abdul Haris Makkie juga diusung menjadi calon Walikota Banjarmasin, Shaufi mengatakan hal tersebut sah-sah saja. Namun ia menilai, Abdul Haris Makkie justru lebih layak memimpin Kalsel sebagai pimpinan provinsi.(jejakrekam)

Penulis Deden
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.