JK Tinjau Ruang Khusus Produksi Plasma Darah di UDD PMI Banjarmasin

0 66

KETUA Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla berkesempatan meninjau secara langsung ruang khusus yang akan dijadikan untuk memproduksi plasma darah bagi pasien Covid-19 di Unit Donor Darah (UDD) Kota Banjarmasin.

MENURUT mantan Wakil Presiden Republik Indonesia ini, agar UDD PMI Kota Banjarmasin dapat memproduksi plasma darah sendiri saat ini pihaknya bersama pemerintah masih mengusahakan penambahan peralatan pendukungnya.

“Masih diusahakan peralatan pendukungnya. Karena peralatan ini penting agar nantinya Kalsel dapat memproduksi plasma darah sendiri bagi pasien Covid-19,” ungkapnya, Kamis (18/6/2020).

BACA :  Apabila Fasilitas Tersedia, PMI Banjarmasin Siap Produksi Plasma Darah

Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin Dokter Aulia Ramadhan Supit mengakui kebutuhan plasma darah sangat besar di Banua seiring mulai digunakannya Terapi Plasma Konvalesen (TPK) sebagai metode alternatif penyembuhan pasien Covid-19.

Karena itulah UDD PMI Kota Banjarmasin berupaya agar bisa memproduksi plasma darah secara mandiri, dengan melakukan kordinasi bersama PMI Kota Banjarmasin agar Pemerintah Provinsi Kalsel agar mau memberikan bantuan alat pendukung produksinya.

“Kalau Sumber Daya Manusia (SDM) dan tempat siap. Namun untuk peralatannya kita masih kekurangan beberapa alat,” tambahnya.

BACA JUGA : Agenda Kunker PMI, Kamis Besok Jusuf Kalla Dijadwalkan Kunjungi Banjarmasin

Dirinya pun dalam kesempatan ini berharap agar realisasi penambahan alat tersebut dapat segera disetujui. Dengan demikian pihaknya pun dapat segera memproduksi plasma darah sebanyak-banyaknya.

“Saat ini saja plasma darah yang disuplai dari pusat hanya tersisa 6 kantong saja. Ini tentunya harus ditambah lagi mengingat beberapa pasien yang menggunakan metode TPK kondisinya terus membaik,” Pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.