Antisipasi Terinfeksi Covid-19, Kanwil Kemenag Kalsel Segera Lakukan Rapid Test Massal

0

SERANGAN virus Corona (Covid-19) tak pandang bulu. Hampir semua kalangan terinfeksi virus yang pertama kali merebak di Wuhan, Tiongkok. Buktinya, beberapa pejabat di  Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan dikabarkan terjangkit Covid-19.

BAHKAN, seorang pejabat eselon di lingkungan Kanwil Kemenag Kalsel menduduki posisi kepala bidang pun menghembuskan napas terakhir usai dirawat intensif di RS Islam Banjarmasin, Selasa (16/6/2020) dinihari.

Dari kalangan guru agama dan kepala sekolah madrasah juga menyebut ada pejabat setingkat Kepala Kantor Kemenag kabupaten/kota di Kalsel juga harus menjalani isolasi akibat diduga terkena Covid-19. Ini karena yang bersangkutan pernah melakukan perjalanan ke luar daerah.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel Noor Fahmi membenarkan ada pejabatnya yang meninggal dunia usai dirawat di rumah sakit swasta di Banjarmasin pada Selasa (16/6/2020) dinihari. Informasinya, almarhum mengidap penyakit jantung bawaan, belum terkonfirmasi terinfeksi virus Corona.

BACA : Pejabat Kemenag : Rumah Ibadah Harus Jadi Contoh Bebas Covid-19

“Ya, salah satu kepala bidang di Kanwil Kemenag Kalsel telah meninggal dunia. Kami atas nama pribadi, keluarga, dan mewakili keluarga besar Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya FS. Kami minta agar bisa menggelar shalat ghaib untuk almarhum baik perorangan maupun berjamaah dengan memperhatikan jaga jarak aman,” ucap Noor Fahmi seraya menguntai ucapan takziyah kepada jejakrekam.com, Rabu (17/6/2020).

Ia pun mengajak seluruh jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel untuk mendoakan almarhum agar mendapat husnul khatimah dan di lapangan kuburnya. Terutama, untuk keluarga almarhum diberi kesabaran dan ketabahan atas ujian tersebut.

“Memang, almarhum meninggal dunia akibat sakit karena sudah beberapa kali masuk rumah sakit. Namun, kami belum bisa memastikan apakah almarhum turut terpapar Covid-19. Sebab, hasil tes swabnya belum keluar,” tutur Noor Fahmi.

BACA JUGA : Di Kalsel, Pasien Positif Covid-19 Sudah Melebihi 2 Ribu Orang

Meski begitu, Fahmi memastikan demi menjaga keamanan dan kesehatan pegawai di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel maka akan ditindaklanjuti dengan melakukan rapid test massal.

“Untuk mendeteksi jangan sampai Covid-19 menjalar di lingkungan karyawan Kanwil Kemenag Kalsel, kami akan segera lakukan rapid test,” ucapnya.

Tak hanya itu, Fahmi juga mengingatkan pentingnya agar seluruh karyawan kantor kementerian ini disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Termasuk, di lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan pembinaan Kementerian Agama, seperti perguruan tinggi agama, madrasah hingga pondok pesantren.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.