Kalsel Tambah 60 Kasus Baru, 17 Sembuh, 4 Pasien Tutup Usia Akibat Infeksi Covid-19

0

SEBARAN kasus penularan virus Corona (Covid-19) di Kalimantan Selatan, kian hari makin merata. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalimantan Selatan mencatat, terjadi penambahan pasien positif yang signifikan sebanyak 60 orang pada Jumat (12/6/2020).

PENAMBAHAN puluhan  pasien Covid-19 tersebut dari pasien dalam pengawasan (PDP) 34 kasus. Kemudian, hasil penelusuran atau tracking sebanyak  33 kasus. Berikutnya, tambahan dari tiga 3 pasien PDP Covid-19 yang meninggal dunia pada tanggal 2, 5 dan 11 Juni 2020, dengan hasil PCR terkonfirmasi positif.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kalimantan Selatan HM Muslim mengungkapkan 24 PDP yang terkonfirmasi positif itu terdistribusi dari RSUD Ulin Banjarmasin sebanyak 4 pasien. Ada 7 pasien rujukan RSUD Moch Ansari Saleh, RSUD Idaman Banjarbaru menyumbang 5 pasien.

Berikutnya, RSUD Hadji Boejasin Pelaihari terdata 3 pasien, RSUD Ratu Zalecha Martapura terkonfirmasi 2 pasien serta RSUD Abdul Azis Marabahan, terekam 3 pasien.

BACA : Pasien Sembuh Covid-19 di Kalsel Hari Ini Bertambah 13 Orang, Mayoritas Warga Batola

“Sedangkan, 33 pasien lainnya dari hasil penelusuran atau tracking. Yakni, dari Banjarmasin sebanyak 20 pasien. Disusul, Kabupaten Tapin ada 1 pasien, Kabupaten Banjar terdapat 10 pasien, serta Kabupaten Tanah Bumbu terkonfirmasi 2 pasien,” ujar Muslim.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel ini menambahkan kabar gembiranya per Jumat (12/6/2020), ada 17 pasien sembuh dari infeksi Covid-19. Sedangkan, yang meninggal dunia terdapat 4 pasien, masing-masing tiga warga Banjarmasin  dan satu orang ber-KTP Kabupaten Banjar.

Mengacu perkembangan kasus hari ini, Muslim mengungkap secara akumulatif pasien terkonfirmasi positif di Kalsel hingga kini mencapai 1.694  orang.

BACA JUGA : Pasien Covid-19 Banjarmasin Terus Bertambah, RSUD Sultan Suriansyah Mulai Kewalahan

Rinciannya, 357 pasien dirawat di berbagai rumah sakit di Kalsel,  serta dilakukan  karantina khusus sebanyak 1.039  pasien. Sedangkan, total pasien yang sudah sembuh dari Corona, ada penambahan hari ini sebanyak 17 pasien.

Ini setelah, sebelumnya sebanyak 165 pasien dan kini berjumlah 182 pasien, berbanding 116  pasien telah meninggal dunia.

Sedangkan, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 pada hari ini, terjadi pengurangan  sebanyak 12 kasus. Terjadi dinamika PDP yang terkonfirmasi positif dan ada pasien PDP yang baru.   

BACA JUGA : Pakar Kesehatan ULM Pertanyakan Tingkat Infeksi Covid-19 di Kalsel Terus Meninggi, Ada Apa?

Sementara itu, beber Muslim, untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terkini juga ada penambahan sebanyak 19  orang. Sebelumnya, sebanyak  830 orang dan kini hanya 836 ODP.

“ODP masih didominasi Kota Banjarmasin sebanyak 436, disusul Kabupaten Barito Kuala 104 orang, Kabupaten Banjar 65 orang dan Kabupaten Tanah Laut 49 pasien. Kemudian, dari  Tanah Bumbu sebanyak 48 orang, Kota Banjarbaru 38 orang, Kabupaten Balangan 36 orang  serta Kabupaten Tabalong 33 orang ,” ucap Muslim.

“Berikutnya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan ada 13 orang,  Hulu Sungai Tengah (HST) 12 orang, Kabupaten Tapin 9 orang, Kabupaten HSU 7 orang, serta yang terendah Kabupaten Kotabaru hanya 5 ODP,” imbuh Muslim.(jejakrekam) 

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.