Bandara Internasional Syamsudin Noor Sempat Ditutup, Tiga Penerbangan Terdampak Insiden Garuda

0

KENDALA teknis yang dialami pesawat Garuda, usai mendarat di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kamis (11/6/2020), sekitar pukul 15.00 Wita, sempat tertahan di ujung landasan pacu (runway).

“MAKANYA, usai kejadian ini, bandara sempat ditutup beberapa jam karena runway tidak bisa dipakai. Berdasar catatan kami, ada tiga penerbangan menuju ke Bandara Syamsudin Noor yang terdampak,” ucap Legal dan Humas PT Angkasa Pura 1 Bandara Syamsudin Noor, Aditya Putra Patria kepada awak media di Banjarbaru, Kamis (11/6/2020).

Ia pun meluruskan berita yang beredar di media sosial (medsos) soal tergelincirnya pesawat Garuda di landasan pacu Bandara Syamsudin Noor.

BACA : Insiden Pecah Ban Pesawat Garuda Di Bandara Syamsudin Noor Jadi Tontonan Warga

“Pesawat ini hanya terkendala teknis tak bisa bermanuver menuju ke apron. Makanya, terhenti di landasan pacu. Jadi, bukan tergelicir,” kata Aditya.

Menurut dia, masalah teknis tengah diinvestasi oleh tim terkait. Hanya saja, Aditya mengaku belum mengetahui persis apa hasil investigasi ada insiden tersebut.

“Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA353 asal Jakarta ini membawa sedikitnya 30 penumpang. Namun, dalam kejadian, alhamdulillah semua penumpang selamat, karena pesawat hanya mengalami kendali teknis usai mendarat,” ucap Aditya.

Diduga akibat ban kempes atau pecah, membuat pesawat ini sulit untuk berbelok menuju arah parkir pesawat (apron) dari runway Bandara Syamsudin Noor. Hingga terpaksa harus ditarik beberapa mobil.

BACAJUGA : Diperketat, Syarat Masuk Bandara Syamsudin Noor Tunjukkan Hasil Rapid Test Negatif

Ia mengakui saat itu, di kawasan bandara, Landasan Ulin, Banjabaru sempat turun hujan. Namun, kondisi cuaca ditegaskan Aditya, tidak mempengaruhi kondisi pesawat ketika mendarat maupun lepas landas dari runway Bandara Syamsudin Noor.

Namun, begitu pesawat Garuda selesai ditangani tim teknis, aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Syamsudin Noor pun bisa dibuka kembali pada Kamis (11/6/2020) malam pukul 18.00 Wita.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.