Aplikasi eHDW Permudah Tugas dan Fungsi Kader Desa

9

APLIKASI eHDW atau Human Development Worker akan mempermudah tugas dan fungsi kader desa. Dengan adanya aplikasi mobile ini, maka  kader desa dapat lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa.

DEMIKIAN diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  Zulkifli pada pembukaan pelatihan aplikasi eHDW di kantornya, Rabu (10/6/2020). Kegiatan ini diikuti sekitar 25 fasilitator dari kabupaten secara jarak jauh atau secara daring melalui video conference.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI telah menetapkan prioritas penggunaan dana desa.

Priotas penggunaan dana desa itu dituangkan dalam Peraturan Menteri Desa, PDTT (Permendesa) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendesa, PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Permendesa tersebut menyebutkan bahwa dana desa dialokasikan untuk pencegahan Covid-19 serta pencegahan kekurangan gizi kronis (stunting).

Berkait hal itu, Pemprov Kalsel melalui DPMD dalam penerapan prioritas penggunaan dana desa telah melaksanakan berbagai kegiatan.

“Untuk itu, pencegahan Covid-19 dan stunting di desa perlu didukung sistem informasi yang cepat dan akurat. Adanya aplikasi eHDW atau Human Development Worker yang telah diluncurkan Kemendes PDTT dan juga aplikasi eDMC-19 (Desa Melawan Covid-19) yang diharapkan dapat mendukung layanan intervensi gizi masyarakat,” cetus Zulkifli.

Zulkifli menambahkan, pihaknya telah memfasilitasi pelatihan secara jarak jauh (daring) yakni Training of Trainer (TOT) bagi tenaga ahli madya atau pendamping di desa agar kader desa dapat menggunakan dan menginput data melalui aplikasi itu telepon seluler mereka masing-masing. 

“Ini juga sesuai arahan komitmen Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor untuk menciptakan Kalsel sehat. Untuk mewujudkan Kalsel sehat, maka agar pelayanan kesehatan harus ditingkatkan, khususnya layanan kesehatan ibu anak, layanan konseling gizi terpadu dan sebagainya,” jelasnya

Zulkifli juga menerangkan bahwa selanjutnya, aplikasi eHDW dan Indeks Desa Membangun (IDM) akan terintegrasi dengan sistem informasi EPPGBM (Elektronik Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) dan akan menjadi dasar dalam penetapan lokasi desa prioritas (Desa Merah Stunting) dan rekomendasi intervensi lintas sektor.

Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Sosial Dasar DPMD Provinsi Kalsel Adi Rosian menambahkan, cakupan menu aplikasi eHDW  meliputi data-data fasilitas desa. Misalnya polindes, PAUD, posyandu, air bersih dan sanitasi serta penerima manfaat. Penerima manfaat itu adalah ibu hamil, ibu nifas,anak berumur 0 sampai 2 tahun serta anak yang berumur >2-6 tahun.

Selain itu,  eHDW diantaranya memiliki fitur diantaranya “Tugas Saya” yang artinya KPM akan menerima notifikasi berupa kegiatan layanan yang akan diberikan kepada penerima manfaat. 

“KPM (kader pembangunan manusia) perlu memantau dan memastikan intervensi layanan tersebut diterima oleh penerima manfaat,” tegasnya.

Selain itu ada fitur “Laporan Tahunan” yakni menyajikan data dan informasi kegiatan pencegahan stunting yang sudah dilakukan dalam kurun waktu 1 tahun. Sedangkan “Laporan Triwulan” akan menyajikan skor desa yang telah dicapai dalam kurun waktu setiap triwulan.

“Secara khusus,aplikasi eHDW bertujuan untuk memfasilitasi data dan tugas manajemen kasus untuk KPM. Serta mengidentifikasi kesenjangan utama dalam pemberian layanan. Sehingga KPM dapat lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa,” imbuhnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2020/06/10/aplikasi-ehdw-permudah-tugas-dan-fungsi-kader-desa/,https://mmc kotawaringinbaratkab go id/berita/pelatihan-aplikasi-ehdw-bagi-kader-pembangunan-manusia-se-kobar
Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani
9 Komentar
  1. Lenny berkata

    Kak saya mau nanya.. kenapa apk punya saya gak bisa login ya?.. dan klo saya login tulisannya itu “akun anda sedang login di device lain” itu harus gimana?

    1. Wina berkata

      Saya juga, krn hapus aplikasi tanpa log out, lalu instal ulang, pas mau login lagi katanya “akun anda login di device lain. silahkan log out.” Mohon solusi. 🙏🙏

  2. Biyah berkata

    Sama, saya juga gitu. Kata na aplikasi ehdw sdg dlm pengembangan, jadi sering eror.

  3. Erma suryani berkata

    Kenapa apk saya ga bisa login..
    Ada tulisan akun anda login di device lain ,silahkan logout tapi mau logout ga bisa
    Mohon solusi harus bagaimana?🙏

  4. hasming berkata

    knpa sdh loging tp mentok di paud.pdahal sdh terisi semua menu sblmnya.pdahal menu paud sdh trisi tp menu penerima manfaat tdk trbuka.gmn solusinya?

  5. hasming berkata

    tdak bisa lnjut ke penerima manfaat padahal sdh terisi semua menu sblmnya.gmn solusinya?

  6. Anni berkata

    Saya juga, krn hapus aplikasi tanpa log out, lalu instal ulang, pas mau login lagi katanya “akun anda login di device lain. silahkan log out.” Mohon solusi. 🙏

  7. Farida berkata

    Tolong solusinya, akun sya ga bisa login, karena hapus aplikasi sebelum logout….

  8. Sutini berkata

    Saya juga, krn hapus aplikasi tanpa log out, lalu instal ulang, pas mau login lagi katanya “akun anda login di device lain. silahkan log out.” Mohon solusi. 🙏

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.