Bangkitkan Imun Tubuh, Pasien Covid-19 di RS Stagen Kotabaru Jalani Terapi Psikologis

0

PEMULIHAN secara medis dan psikologis bagi pasien Covid-19 dilakukan pihak RS Darurat Covid-19 Stagen Kotabaru. Terapi psikologis ini dimaksudkan untuk menguatkan semangat kesembuhan bagi para pasien yang terpapar virus Corona.

MEREKA yang tengah menjalani isolasi di RS Stagen pun diterapi oleh psikolog Yansyah Fauzi. Tercatat, ada puluhan orang yang tengah menjalani karantina di rumah sakit darurat Covid-19 ini.

Meski terbatasi jarak antara psikilog terapis dengan pasien Covid-19, tak menghalangi dialog atau komunikasi kedua belah pihak. Dipisahkan plastik, keluhan dan apa yang dirasakan satu per satu pasien Covid-19 pun didengarkan psikilog yang mengenakan baju hazmat. Hingga, para penderita infeksi virus Corona disalurkan pesan-pesan pembangkit semangat hidup.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru Hj Ernawati mengungkapkan terapi psikis dengan pemberian motivasi bagi para pasien Covid-19 sangat penting dilakukan, demi meningkatkan semangat kesembuhannya.

“Sebab, banyak faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan pasien Covd-19 seperti faktor lingkungan hingga kondisi psikologisnya,” ucap Hj Ernawati saat dikontak jejakrekam.com, Selasa (8/6/2020).

BACA : Covid-19 Masih Mewabah, Aktivitas Penyeberangan Feri Batulicin-Kotabaru Tak Terpengaruh

Menurut dia, perpaduan pengobatan secara medis dan penyembuhan dengan terapi psikis terbukti cukup efektif dalam meningkatkan angka kesembuhan bagi pasien Covid-19 di Kotabaru.

“Para pasien Covid-19 harus dibangkitkan semangatnya untuk melawan penyakit yang dideritanya. Lewat konseling yang ditangani psikolog, setiap tahapan ada 10 pasien mendapat layanan terapi psikilogis ini,” ucapnya.

BACA JUGA : Pilih Perpanjang Libur Sekolah, Kotabaru dan Tabalong Belum Siap Jika Terapkan New Normal

Menurut Ernawati, pemulihan psikologis pada pasien sangat membantu meningkatkan produksi hormon endorfin yang menstimulasi peningkatan imunitas tubuh dalam melawan vrus Covid-19.

Ia menjelaskan upaya yang dilakukan konseling dalam memulihkan kondisi psikoligis pasien Covid-19, beragam cara. Utamanya, memberi pesan penyemangat sembuh kepada pasien agar tak mudah menyerah melawan virus Corona. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.