Positif Covid-19 di Kalsel Bertambah 38 Orang

0

DATA kasus penularan virus Corona yang dirilis tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan mencatat terjadi penambahan pasien positif yang signifikan pada Minggu  (7/6/2020) sebanyak 38 orang.

PENAMBAHAN puluhan pasien Covid-19 tersebut berasal dari Pasien PDP yang terkonfirmasi positif sebanyak 33  kasus dan hasil penelusuran atau tracking sebanyak 5 kasus.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel HM Muslim merinci, 33 pasien PDP yang terkonfirmasi positif itu terdistribusi dari RSUD Ulin Banjarmasin sebanyak 17 pasien (13 pasien warga Banjarmasin dan 4 pasien warga Kabupaten Banjar), kemudian dari RSUD Moch Ansyari Saleh sebanyak 11 pasien (10 warga Banjarmasin dan 1 warga Kabupaten Barito kuala), 1 pasien dari Rumah Sakit Bhayangkara, 2 pasien dari RSUD Hadji Boejasin Pelaihari, 1 pasien dari RSUD Hasan Basri Kandangan, serta 1 pasien PDP yang meninggal dunia, dimana hasil PCR menunjukkan terkonfirmasi positif, yakni dari Kabupaten Tanah Bumbu.

Sedangkan sebanyak 5 pasien dari hasil lenelusuran atau tracking berasal dari Banjarmasin sebanyak 3 pasien dan 2 pasien dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tak cuma penambahan pasien yang terkonfirmasi positif, hari ini juga tercatat ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 2 pasien dari Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Mengacu perkembangan kasus hari ini, HM Muslim mengungkapkan secara akumulatif pasien terkonfirmasi positif di Kalsel hingga kini mencapai 1.285  pasien.

“Rinciannya, 251 pasien dirawat di berbagai rumah sakit di Kalsel serta sebanyak 828 dilakukan karantina khusus.  Sedangkan, total pasien yang sudah sembuh dari Corona terdata ada penambahan sebanyak 4 pasien yang sebelumnya hanya berjumlah 104 pasien dan kini menjadi 108 pasien, berbanding 98  pasien telah meninggal dunia,” tutur Muslim.

Sedangkan, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 pada hari ini, terjadi penambahan  sebanyak 5 kasus. Terjadi dinamika PDP yang terkonfirmasi positif dan ada pasien PDP yang baru, sehingga hari ini berjumlah 231 pasien.

Sementara itu, menurut Muslim untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terkini juga ada penambahan sebanyak 11 orang. Sebelumnya, hanya sebanyak  844 orang dan kini menjadi 855 ODP.

“ODP masih didominasi Banjarmasin sebanyak 432, disusul Kabupaten Banjar 112, Kabupaten Barito Kuala 67 orang, Kabupaten Tanah Laut 48 orang, Tanah Bumbu sebanyak 44 orang. Kemudian, Kabupaten Balangan 33 orang, Kota Banjarbaru 29 orang, Kabupaten Tabalong 24 orang.

“Berikutnya, Kabupaten Tapin 23  orang, Kabupaten HST 16 orang, Kabupaten HSS 12  orang, Kabupaten Kotabaru 10 orang, serta yang terendah Kabupaten HSU  hanya 5 ODP,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.