Pembangunan Jembatan Pulau Bromo Dimulai, Pemkot Target Akhir 2020 Proyek Sudah Selesai

0 103

JANJI Pemerintah Kota Banjarmasin membangun jembatan gantung di kawasan terpencil Pulau Bromo akhirnya terealisasi. Terpantau pengerjaan fisik akses penghubung wilayah tersebut, pada Selasa (2/6/2020).

KEPALA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Arifin Noor, saat meninjau progres pekerjaan jembatan gantung tersebut berkata, sesuai desain yang sudah dibuat jembatan itu dibangun sepanjang 168 meter dengan lebar 2 meter. Untuk tinggi towernya 15 meter.

“Sampai hari ini perkiraan progres pekerjaannya sudah berjalan diangka 5 persen,” ucap Arifin Noor, Selasa (2/6), di Pulau Bromo.

Memakan anggaran pembangunan sekitar Rp 40 miliar dari APBD Pemko Banjarmasin, Arifin berkata rencana jembatan ini juga akan menjadi salah satu destinasi wisata di Banjarmasin. Sebab, di kedua ujung jembatan juga dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan desain yang apik.

BACA: Dibangun Tahun 2020, Jembatan Gantung Pulau Bromo Ditarget Jadi Objek Wisata

“Selain dibuat untuk mempercantik akses penyebrangan, RTH ini juga bisa digunakan sebagai tempat bersantai dilengkapi parkir sepeda motor,” bebernya.

Jembatan selebar 2 meter ini dikhususkan hanya untuk dilewati kendaraan roda dua, sepeda, dan pejalan kaki.

“Kecuali dalam keadaan darurat seperti mobil ambulan dan pemadam kebakaran, yang bersifat emergency,” jelasnya.

Soal target, Arifin mematok jembatan itu diperkirakan selesai pada akhir tahun 2020 nanti. “Tapi saya berharap, sebelum bulan Desember kalau bisa sudah selesai dan serah terima,” harap Arifin. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.