Dimakamkan Secara Militer, Brigadir Leonardo Dikenal Suka Bergaul

0

BRIGADIR Leoardo Latupapua tewas bersimbah darah usai diserang orang tak dikenal saat piket di Markas Komando Polsek Daha Selatan, Senin (1/6/2020) dini hari, sekitar pukul 02.15 Wita.

PRIA penyerang yang diduga terlibat jaringan teroris itu membacok Brigadir Leonardo di ruangan SPKT Mapolsek Daha Selatan. Begitu mendengar keributan, rekannya Bripda Azmi bersama Kanit Intelijen Polsek Daha Selatan Brigadir Djoman Sahat Manik mendatangi rekannya.

Ternyata, orang itu dengan membabi buta juga menyerang anggota Polsek Daha Selatan lainnya dengan senjata tajam jenis samurai. Namun, berhasil lari ke ruang Intel dan Binmas Polsek Daha Selatan, hingga dikunci dari dalam.

BACA : Polda Kalsel Dalami Kasus Penyerangan Ke Mako Polsek Daha Selatan

Dua polisi ini kemudian meminta bantuan ke Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) di Kandangan. Hingga, pelaku bersembunyi di Ruang Unit Reskrim Polsek Daha Selatan, hingga bantuan pun datang dari Polres HSS.

Akibat tak mau menyerah, polisi terpaksa melakukan tindakan tegas dengan menembak pelaku.

Camat Daha Selatan Nafarin mengaku selama ini mengenal korban, Brigadir Leonardo Latupapua merupakan sosok yang sangat mudah bergaul dengan masyarakat. Brigadir Leonardo tercatat tinggal di Desa Tumbukan Bayu, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten HSS.

BACA JUGA : Galang Dana, 9 Kabupaten/Kota di Kalsel Rawan Dimasuki Kelompok Teroris

“Saya sering mengobrol dengan almarhum. Untuk pelaku yang melakukan penyerangan, saya belum berani memberi keterangan. Sebab, kasus ini masih dalam proses penyelidikan pihak berwajib,” ucap Camat Daha Selatan, Nafarin saat dikontak jejakrekam.com, Senin (1/6/2020) malam.

Dijelaskan Nafarin, Brigadir Leonardo yang menjadi korban keganasan pelaku telah dimakamkan secara militer di pemakaman umum Desa Sungai Pinang, Kecamatan Daha Selatan, Senin (1/6/2020), sekitar pukul 15.30 Wita.

“Korban memiliki keluarga dan anak dua masih kecil kecil usia 7 tahun dan 4 tahun,” ucap Nafarin.

Dirinya pun turut mendampingi Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta dalam prosesi pemakaman secara militer untuk jenazah Brigadir Leonardo. Bahkan, berdasar instruksi Kapolri Jenderal Idham Aziz, diusulkan kenaikan pangkat luar biasa untuk Brigadir Leonardo.

“Kami tadi mengunjungi rumah duka. Saya informasikan juga, Kapolda Kalsel siap membantu biaya sekolah anak-anak korban yang masih kecil itu. Termasuk, korban juga dinaikkan pangkatnya,” ucapnya.

BACA JUGA : BNPT dan FKPT Kalsel Perkuat Pelibatan Masyarakat Cegah Terorisme

Usai kejadian penyerangan itu, pihak Polda Kalsel dan Polres HSS pun langsung menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengamankan barang bukti. Sedangkan, pelaku yang terluka tembak langsung dievakuasi ke RSUD Hasan Basry Kandangan.

Sebelum menyerang Mapolsek Daha Selatan, pelaku juga terlebih dulu membakar mobil patroli polisi yang terparkir di halaman kantor polisi itu.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.