Naik Drastis 74 Orang, Pasien Covid-19 Kalsel Hari Ini Tembus 893 Pasien

0

DATA kasus penularan virus Corona yang dirilis tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalimantan Selatan mencatat terjadi penambahan pasien positif yang signifikan, pada Jumat  (29/5/2020) sebanyak 74 orang.

PENAMBAHAN puluhan pasien Covid-19 tersebut berasal dari pasien dalam pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi Positif sebanyak 43 pasien serta 31 orang lainnya dari hasil penelusuran atau tracing dari beberapa kabupaten/kota di Kalsel.

“Untuk 43 pasien PDP yang terkonfirmasi positif itu berasal dari Rumah Sakit Ulin 25 pasien, Rumah Sakit Moch Ansari Saleh 9 pasien, 4 pasien dari Rumah Sakit Bhayangkara, 3 pasien dari Rumah Sakit Abdul Azis Marabahan serta 1 pasien dari Rumah Sakit Ratu Zaleha Martapurta,” ujarnya.     

Sedangkan, 31 pasien  yang terkonfirmasi positif hasil dari penelusuran atau tracing didapat di Kabupaten Banjar 14 pasien,Kabupaten Barito kuala 15 pasien, serta Kabupaten Hulu Sungai Selatan 2 pasien.    

Tak cuma itu, pada hari ini, ada 2 pasien yang meninggal dunia, yakni dari Kota Banjarmasin dengan kode identitas KS Covid # 829 laki-laki usia 67 tahun dan KS Covid # 823 laki-laki usia 63 tahun.

Sementara, untuk kabar pasien sembuh hingga hari ini terlaporkan hanya 1 pasien yakni dari Kabupaten Barito Kuala yakni KS Covid # 105.

Mengacu perkembangan kasus hari ini, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan, HM Muslim, mengungkapkan secara akumulatif pasien terkonfirmasi positif di Kalsel hingga kini mencapai 893 pasien.

BACA: Positif Covid-19 Kalsel Bertambah 116 Pasien Dalam Sehari, Terbanyak Dari Warga Pasar Tradisional

Diantaranya 173  pasien masih dirawat di sejumlah rumah sakit yang ada  di Kalsel,  serta karantina khusus sebanyak 564 pasien. Sedangkan, total pasien yang sudah sembuh dari Corona terdata 82 orang, berbanding 74 pasien telah meninggal dunia. Menurut Muslim, sebanyak 76,52 persen pasien yang dikarantina khusus tidak memiliki gejala klinis yang berarti.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 pada hari ini, terjadi dinamika kasus, ini lantaran ada pasien yang terkonfirmasi positif dan juga ada PDP yang negatif serta penambahan pasien baru sebanyak 14 pasien.

Sementara itu, menurut Muslim untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terkini ada pengurangan  76 orang. Sebelumnya, sebanyak  916 orang dan kini hanya  840 ODP.

“ODP masih didominasi Kota Banjarmasin sebanyak 472 , disusul Kabupaten Banjar 106, Tanah Bumbu sebanyak 55, Tanah Laut 43 orang. Kemudian, Kabupaten Barito Kuala 40 orang, Hulu Sungai Selatan (HSS) 23 orang, Kota Banjarbaru 22 orang,” ucap Muslim.

“Berikutnya, Hulu Sungai Tengah (HST) 17 orang,Kabupaten Tapin  15 orang,Kabupaten Balangan 13 orang, Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Tabalong masing-masing 12 orang ,serta  Kotabaru 10 orang,” tandasnya (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.