Sasar Pasar di Banjarmasin, Personel Gabungan Pencegahan Covid-19 Dilepas Paman Birin

0

GUBERNUR Sahbirin Noor didampingi Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta dan Danrem 101/Antasari, Kolonel Inf Firmansyah melepas ratusan petugas gabungan pengamanan protokol penanganan Covid-19 di Taman Siring 0 KM, Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin, Kamis (28/5/2020)

PETUGAS akan melalukan edukasi, sosialisasi dan pendekatan kepada pedagang dan pengunjung di pasar-pasar yang ada di Kota Banjarmasin guna mematuhi protokol kesehatan. 

Personel Gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ini dilepas langsung oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, didampingi Sekdaprov Kalsel Kalsel H Abdul Haris Makkie, selaku Ketua Harian Gugus Tugas Perepatan Covid-19 Provinsi Kalsel, Kapolda Kalsel Irjen Pol  Nico Afinta, Danrem 101 Antasari Kolonel Inf Firmansyah, Danlanal Banjarmasin, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina,  Kapolresta Banjarmasin serta Dandim 1007/Banjarmasin

BACA : Jika Terapkan ‘New Normal’, Polda Kalsel Fokus Disiplinkan Warga Taati Protokol Covid-19

Sejumlah pasar yang menjadi sasaran pengamanan protokol penanganan Covid-19 adalah Pasar Pekauman, Pasar Pekauman Inpres (Kecamatan Banjarmasin Selatan), Pasar Pandu, Pasar Kuripan (Kecamatan Banjarmasin Timur), Pasar Sentra Antasari, Pasar Teluk Dalam, Pasar Lama (Kecamatan Banjarmasin Tengah), Pasar Telawang, Pasar Induk Banjar Raya (Kecamatan Banjarmasin Barat), dan Pasar Cemara (Kecamatan Banjarmasin Utara).

Dalam sambutannya, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan pemerintah provinsi terus memberikan perhatian khusus terkait kondisi terkini kasus virus Covid-19 yang terjadi di Kalimantan Selatan.

“Seluruh elemen masyarakat harus terus bergerak dalam mencegah dan memutus rantai penularan virus Corona di Kalimantan Selatan khususnya Kota Banjarmasin,” ucap Paman Birin.

Ia mengatakan Gugus Tugas Provinsi Kalsel hingga saat ini terus melakukan tracking pernyebaran virus di 13 kabupaten kota, serta melakukan monitoring dan evaluasi terkait penanganan konflik di tiap-tiap daerah. Langkah ini dilakukan mengingat penyebaran virus Corona hingga saat ini masih terjadi di tengah masyarakat.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Bakal Kerahkan Aparat di Banjarmasin, Walikota Ibnu Sina Siap Jalankan ‘New Normal’

“Dari hasil monitoring tersebut masih ditemukan pelanggaran protokol kesehatan di antaranya warga yang keluar rumah tanpa memakai masker dan lain sebagainya,” ucapnya.

Untuk itu Paman Birin mengimbau kepada personel kepolisian, TNI, dan Satpol PP untuk melakukan pendekatan edukatif kepada masyarakat secara masif. Hal ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang bahaya Covid-19 serta memberikan sosialisasi tentang protokol kesehatan

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta menambahkan pihaknya siap memberikan pengamanan protokol penanganan Covid-19 di pasar-pasar Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : Disiplin Protokol Kesehatan Kurang, BNPB Ragu Kalsel Bisa Jalankan ‘New Normal’

“Polda Kalsel menurunkan ratusan personel, mereka diterjunkan ke tempat-tempat keramaian salah satunya pasar, selain melakukan pengamanan di lokasi, personel juga melakukan patroli,” papar Nico.

Selain melepas petugas, Paman Birin menyerahkan bantuan berupa masker yang akan dibagikan ke masyarakat, obat-obatan untuk para petugas jaga, serta pamflet imbauan upaya penekanan penyebaran Covid-19.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.