ACT

Positif Covid-19 Kalsel Bertambah 116 Pasien Dalam Sehari, Terbanyak Dari Warga Pasar Tradisional

0 1.769

DATA kasus penularan virus Corona yang dirilis tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan mencatat terjadi penambahan pasien positif yang signifikan,  pada Rabu  (28/5/2020), sebanyak 116 orang.

PENAMBAHAN ratusan pasien Covid-19 tersebut berasal dari pasien dalam pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi positif sebanyak 14 pasien, serta 102 orang dari hasil penelusuran atau tracing di sejumlah pasar tradisonal di Kota Banjarmasin.

“Untuk PDP yang terkonfirmasi positif sebanyak 14 pasien itu berasal dari RSUD Ulin 4 pasien, RSUD Moch Ansyari Saleh 1 Pasien, Rumah Ciputra 1 pasien serta Rumah Sakit Idaman Banjarbaru 4 pasien,kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim, dalam siaran pers yang diterima jejakrekam.com, Kamis (28/5/2020).

Sementara itu, untuk pasien positif hasil penelusuran atau tracing didapat dari hasil rapid test dan pemeriksaan swab masal yang dilakukan pada tanggal 18 Mei 2020 di beberapa pasar tradisional Kota Banjarmasin. Seperti Pasar Sudimampir, Pangeran Antasari, Pasar Pekauman dan Pasar Binjai, dan lainnya.   

BACA : Uang Beredar di Pasar Rentan Jadi Media Penularan Covid-19 

Tak cuma itu, pada hari ini, tercatat 1 pasien meninggal dunia yakni dari Kabupaten Banjar. Sementara, untuk kabar pasien sembuh hingga hari ini terlaporkan hanya 0 pasien atau nihil.

Mengacu perkembangan kasus hari ini, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan, HM Muslim, mengungkapkan secara akumulatif pasien terkonfirmasi positif di Kalsel hingga kini mencapai 819 pasien.

BACA JUGA: Pengidap Covid-19 Kalsel Bertambah 73 Orang Dalam Sehari, Kabupaten Banjar Sumbang Kasus Terbanyak

“Rinciannya, 133  pasien dirawat di berbagai rumah sakit di Kalsel,  serta karantina khusus sebanyak 666 pasien atau 79.91 persen. Kondisi yang dikarantina ini relatif stabil serta tidak ada gejala-gejala yang mengkhawatirkan. Sedangkan, total pasien yang sudah sembuh dari Corona terdata tetap 81 orang, berbanding 72 pasien telah meninggal dunia,” tutur Muslim.

Sementara itu, untuk data PDP Covid-19 pada hari ini tercatat 171 orang. Terjadi pengurangan akibat terjadi adanya PDP yang terkonfirmasi positif dan ada juga pasien PDP yang baru.    

Sementara itu, menurut Muslim untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terkini ada penambahan sebanyak   18 orang. Sebelumnya, sebanyak  898 orang dan kini menjadi 916 ODP.

BACA JUGA : Kasus Terus Melonjak, Penelusurun Gugus Tugas Banjarmasin Catat Ada 5 Kluster Covid-19

“ODP masih didominasi Kota Banjarmasin sebanyak 512 , disusul Kabupaten Banjar 104, Tanah Bumbu sebanyak 94, Tanah Laut 43 orang. Kemudian, Kabupaten Barito Kuala 39 orang, Hulu Sungai Selatan (HSS) 25 orang, Kota Banjarbaru 22 orang,” ucap Muslim.

“Berikutnya, Hulu Sungai Tengah (HST) 19 orang,Kabupaten Tapin 15 orang,Hulu Sungai Utara 12 orang ,Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan masing-masing 11 orang,serta yang terensdah  Kotabaru 10 orang,” tandasnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.