Cegah Kerumunan Banyak Orang, Haul Akbar ke-214 Datu Kalampayan Ditiadakan

0

PUNCAK Haul ke-214 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau yang lebih akrab disapa Datu Kalampayan ditiadakan. Semestinya, haul akan digelar Jumat (29/5/2020) secara besar-besaran seperti tahun-tahun sebelumnya.

HAL tersebut disampaikan zuriat dari Datu Kalampayan, Haji Nanang, Dalam Pagar Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

“Untuk menghindari kerumunan orang banyak (social distancing) yang rentan terjadi penularan wabah Covid-19, maka pihak keluarga sepakat meniadakan Haul ke-214 Datu Kalampayan secara besar-besaran,” ucap Haji Nanang kepada awak media, Kamis (28/5/2020).

Haji Nanang menegaskan, yang ditiadakan adalah haul besar-besaran, namun tetap dilaksanakan dalam skala lebih kecil. Misalnya di mushola-mushola, serta rumah-rumah di kawasan Desa Dalam Pagar dan Kalampayan.

BACA : Diguyur Hujan, Haul Akbar Datu Kalampayan Berlangsung Khidmat

Pada kesempatan ini, Haji Nanang menambahkan, bahwa persetujuan meniadakan Haul Ke-214 Datu Kalampayan telah disampaikan KH Asqalani atau dikenal dengansebutan Guru Iwad yang berada di Marabahan, Batola. KH Iwad adalah merupakan cucu dari almarhum ulama besar di Kabupaten Batola Syekh Abdusamad Bakumpai.

“Alhamdulillah beliau yang merupakan salah satu juriat tertinggi dari Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan menyetujui meniadakan Haul Ke-214 ,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.