ACT

Tanpa Dihadiri Pelayat, Pemakaman Pasien Terduga Covid-19 di Paringin Dibantu Polisi

0 203

MENGENAKAN pakaian alat pelindung diri (APD) lengkap, petugas pemakaman dibantu personel Polres Balangan melakukan proses pemakaman sesuai prosedur Covid-19 di Pekuburan Muslimin Desa Harapan Baru, Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan, Senin (25/5/2020).

JURU Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Balangan, Erwan MKL mengungkapkan, walaupun yang meninggal belum dipastikan terpapar virus corona, namun penggunaan prosedur Covid-19 tetap dilakukan sebagai antisipasi.

“Petugas sudah melakukan rapid test kepada yang bersangkutan sebanyak tiga kali menggunakan alat berbeda, semuanya reaktif. Akan tetapi, sebelum dilakukan tes swab, pasien sudah dinyatakan meninggal dunia,” papar Erwan kepada awak media di Paringin.

Almarhum sendiri, menurut dia, selama ini berdomisili di Kabupaten Tabalong. Dengan alasan ingin berlebaran di rumah keluarga, yang bersangkutan kemudian pulang ke Desa Gampa, Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan.

BACA : Akhirnya Pasien Positif Covid-19 Asal Balangan Sembuh

Saat berada di Balangan, almarhum mengeluh sakit yang kemudian sempat dirawat di RSUD Balangan sekitar sepekan.

Selama perawatan, almarhum menunjukkan gejala Covid-19. Petugas lalu melakukan rapid test sebanyak tiga kali dengan hasil reaktif.

Erwan juga menginformasikan kondisi kesehatan pasien yang meninggal diduga karena Covid-19 tersebut. Jelasnya, pasien mengalami pneumonia berat, hingga kemudian dirujuk ke RSUD H Badarudin Tanjung. Inisial pasien yakni RA usia 44 tahun.

“Yang bersangkutan merupakan warga yang tinggal di Tanjung, Tabalong, begitu pun alamat yang ada di KTP-nya. Namun atas permintaan pihak keluarga yang ada di Balangan, lantas pemakaman dilakukan di wilayah Kabupaten Balangan,” tegasnya.

Sementara untuk hasil uji swab sendiri, papar Erwan, masih belum keluar, sehingga kepastian almarhum positif atau negatif Covid 19 pun belum diketahui.

Di lain pihak, mewakili Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, Kabag Sumda Kompol Joko Sudarmadi menjelaskan bahwa penguburan dilakukan sesuai protokol Covid-19.

BACA JUGA : DPRD Balangan Minta Pelayanan Kesehatan Harus Berjalan Maksimal

Dalam kegiatan tersebut sejauh ini tidak ditemukan adanya penolakan dari warga setempat. Terlebih, Polres Balangan telah melakukan pengamanan terbuka guna antisipasi kerumunan warga yang ingin menyaksikan proses pemakaman.

“Dalam proses pemakaman, Polres Balangan juga berikan pengamanan guna mengantisipasi kerumunan warga yang hendak melihat. Alhamdulillah, proses pemakaman berjalan lancar dan aman,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.