Warga Desa Tangkas Serbu Kantor Desa Pertanyakan Bantuan

0

PIHAK Kantor Kepala Desa Tangkas sempat dibuat terkejut dengan kedatangan puluhan warga desa ke kantor mereka. Asnan, salah satu warga Desa Tangkas mengatakan kedatangan pihaknya ke kantor kepala desa untuk menanyakan penyaluran bantuan terhadap warga terdampak pandemi Covid-19.

KAMI mendengar Informasi dari Kecamatan Martapura Barat, bahwa semua Warga Desa Tangkas akan menerima BLT, tetapi hingga saat ini hanya sebagian kecil yang menerima. Kondisi ini tentu menimbulkan banyak dugaan dan kecemburuan sosial, dan itulah yang kami pertanyakan,” jelasnya.

Noorifansyah, perwakilan dari Kecamatan Martapura Barat mengatakan, memang benar pihaknya menyampaikan kepada masyarakat Desa Tangkas, bahwa mereka akan mendapatkan BLT semua. Sebab, jumlah Kepala Keluarga (KK) di Desa ini sebanyak 365 orang, sedangkan dan BLT yang akan disalurkan lebih dari itu.

“KK anggota PKH dan Penerima BST sebanyak 118 orang. Nah untuk sisanya 287 KK akan menerima BLT dari Dana Desa. Kalau kami hitung dengan jumlah list BLT Dana Desa yang akan disalurkan melalui kabupaten 316 KK, jadi semua warga akan menerima,” jelasnya.

Noorifansyah menegaskan, pertemuan dengan masyarakat Desa Tangkas, pihaknya menjelaskan persoalan tersebut secara langsung.

“Alhamdulillah kita bisa meredam emosi warga desa yang telah mendatangi Kantor Kepala Desa Tangkas. Karena, warga desa mendapat penjelasan yang utuh dan tidak lagi menyalahkan aparat desa atau Ketua RT,” tegasnya.

Kepala Desa atau Pambakal Desa Tangkas, Rasyidi mengungkapkan, kedatangan warga desa ke kantornya, untuk mempertanyakan penyaluran BLT akibat dampat pandemi Covid-19.

“Kami aparatur desa tidak berani menyatakan seluruh warga atau KK di Desa Tangkas akan menerima BLT dari dana desa. Tetapi, Alhamdulillah setelah pihak kecamatan menjelaskan akan menerima semua, maka semuanya menjadi lancar dan masyarakat tidak lagi emosi,” terang Rasyidi.

Untuk meredam dan mengamankan warga Desa Tangkas yang menyerbu Kantor Kepala Desa, tampak hadir Bhabinkamtipmas, Aipda Bagus M. Menurut Bhabinkamtipmas dari Polsek Martapura Barat, ia hanya membantu agar situasi tetap aman dan kondusif. “Bagi saya sebagai Bhabinkamtipmas, yang penting suasan aman dan kondusif tetap terjaga di Desa Tangkas,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.