Pantau Harga Sembako, Dinas Ketahanan Pangan Balangan Gandeng Babinsa

0

JIKA sebelumnya Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan, lakukan pemantauan harga bahan pokok penting (Bapokting), kini giliran Dinas Katahanan Pangan melakukan hal serupa, Selasa (19/5/2020).

KEGIATAN pemantauan harga menjelang hari raya Idul Fitri yang akan jatuh pada minggu depan  dilakukan di pasar Batumandi ini turut serta diikuti oleh anggota koramil setempat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Balangan, Ansyarullah menyampaikan, selain memantau harga kegiatan ini juga mendata stok sembako terkhusus menjelang Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi.

BACA : Jelang Idul Fitri, Disdag Balangan Pantau Harga Sembako

Pemantauan harga ini, menurut Ansyarullah, utamanya adalah untuk melihat ada tidaknya barang inflasi dan berapa jumlah barang inflasi yang terjadi.

Dari hasil pantauan, lanjut dia, untuk komoditi  bawang merah  rata-rata kisaran Rp 50 sampai Rp 53 ribu per kilogram, dan gula sudah turun rata-rata dikisaran Rp 16 ribu per kilogram. “Selain bawang merah yang mengalami kenaikan, ayam potong juga mengalami kenaikan dimana sebelumnya harganya Rp.40.000/kg  kini naik jadi Rp 50.000/kg,” bebernya.

Namun untuk barang lainnya, kata Ansyarullah, masih relatif normas atau tidak mengalami kenaikan dari harga sebelumnya. “Kenapa tiap kali kita kegiatan  minta dampingi anggota TNI, supaya kegiatan berjalan lancar dan aman,” ucapnya.

Senada itu, Danramil Batumandi Kapten Rukijan menyampaikan, pihaknya selalu siap membantu kegiatan kepemerintahan yang bersifat untuk kepentingan masyarakat umum.

 Apalagi menurutnya, dalam pemantauan harga ini bertujuan mengatahui kondisi kebutuhan masyarakat menjelang hari raya idul fitri. “Kita selalu siap membantu pemerintah, terlebih untuk kepentingan masyarakat luas,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.