Masyarakat Jangan Khawatir Stok Pangan Kalsel Aman Enam Bulan ke Depan

0

MASYARAKAT Provinsi Kalimantan Selatan diminta tak khawatir bakal teracam kekurangan pangan di tengah masa pandemi Covid-19 yang cukup panjang ini.

SEBAB, ketahanan pangan di provinsi yang berpenduduk 4 juta jiwa lebih ini kuat bertahan hingga enam bulan ke depan. Terutama, stok beras. Begitupula, untuk 12 jenis pangan lainnya, seperti daging, ayam, gula, bawang dan lainnya masih sangat aman hingga tiga bulan ke depan.

“Soal ketahanan pangan kita aman dan kuat hingga enam bulan ke depan,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Kalsel, Suparno kepada wartawan usai rapat bersama Komisi II DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (18/5/2020).

BACA : Kena Pangkas Anggaran, Komisi II DPRD Kalsel Sebut Ketahanan Pangan Banua Terancam

Terkait ketahanan pangan, Suparno menyebut selain stok tersedia juga dapat menjangkau hingga tingkat rumah tangga. Bahkan, pada akhir bulan Mei ini, DKP kembali akan mengevaluasi dan memastikan agar ketersedian semua kebutuhan pangan masyarakat  tetap dapat tercukupi.

Senada itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman, menegaskan hal sama. Untuk beras, Syamsir mengatakan Kalsel sangat aman hingga enam bulan ke depan.

Adapun stok beras saat ini  mencapai 738 ribu ton. Sedangkan, kebutuhan untuk masyarakat Kalsel sebanyak 200 ribu ton/bulan.

BACA JUGA : Stok Pangan Dipastikan Aman Hingga Ramadhan, Awas Spekulan Bermain!

Saat ini, pihak eksekutif dan legislatif di Kalsel mulai fokus membahas kesiapan sektor pangan guna mempersiapkan pasca pandemi Covid-19 untuk memulihkan kondisi ekonomi. 

“Kami sekarang fokus di sektor pangan untuk mengantisipasi potensi dampak buruk pasca pandemi,” ucap Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo.

Berdasar paparan dari dinas terkait, Imam memastikan pihaknya tetap mengkroscek ke lapangan terkait kondisi pangan Kalsel yang dikatakan aman sampai tiga atau enam bulan ke depan.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.