DPRD Balangan Minta Pelayanan Kesehatan Harus Berjalan Maksimal

0

DISAAT semua elemen waspada akan wabah Virus Corona atau Covid-19, Instansi pelayanan harus tetap fokos pada pelayanan lain yang dibutuhkan oleh warga masyarakat terutama layanan kesehatan.

KETUA DPRD Balangan, Ahsani Fauzan mengatakan, layanan publik dibidang kesehatan harus tetap berjalan maksimal di tengah masih mewabahnya Covid-19. Hal ini adanya keluhan masyarakat adanya pembatasan layanan kesehatan akibat wabah covid, namun mereka juga memaklumi keadaan tersebut.

“Pelayanan kesehatan harus berjalan normal hingga ke tingkat Puskesmas, kendati saat ini pemerintah tengah sibuk menanggulangi penyebaran virus Corona. Pasalnya, masyarakat tetap membutuhkan layanan kesehatan dasar, di luar kasus Corona, seperti pemeriksaan ibu hamil dan melahirkan,” ucap Fauzan, Selasa (12/5/2020).

Sedangkan dalam menangani kasus Covid-19, Fauzan meminta RSUD untuk memaksimalkan sarana dan prasarana yang dimiliki. Seperti menyiapkan ruang rawat inap, ruang isolasi, dan sarana lainnya untuk menangani virus Corona.

Begitu juga dengan keberadan sumber daya manusia (SDM), harus dimaksimalkan dalam menanani pandemi Covid-19 ini, mulai dari para dokter, perawat dan tenaga medis lainnya.”Seluruh sarana tersebut diharapkan ada dan sarana tersebut harus menjadi sarana layanan dasar kesehatan,” jelas Fauzan

Terpisah, Direktur RSUD Balangan, dr Ferry menyampaikan ada tujuh ruangan isolasi yang dibangun di RSUD Balangan untuk penanganan Pasien Covid-19 ini dan saat ini masih proses penyelesaian dan proses pelengkaoan peralatan, sarana dan prasaranya.

“Ruang isolasi kita sudah disediakan, semoga dengan memiliki ruang isolasi sendiri, maka penanganan pasien suspect corona bisa dilakukan dengan cepat, Jadi kita tidak menunggu rujukan lagi. Karena dari pengalaman, untuk merujuk pasien Covid-19 sedikit susah,” ungkapnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.