Dimediasi Aparat Kecamatan, Warga Desa Lunjuk Akhirnya Terima Data BST

0

MODEL pendampingan dalam Musyawarah Desa (Musdes) Luar Biasa Desa Lunjuk, Kecamatan Batang Alai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terbukti berhasil mengedukasi warga.

DIALOG cukup hangat pun berlangsung antara perwakilan Kecamatan Batang Alai Selatan, Polsek dan Koramil serta Kasat Intel Polres HST dengan warga desa di Kantor Pembakal Lunjuk, Rabu (13/5/2020).

Musdes ini pun digelar karena adanya sanggahan dari masyarakat akibat tidak puas dengan data penerima bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial.

Masyarakat beranggapan semua warga terdampak pandemi virus Corona (Covid-19), harusnya juga mendapat bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah pusat.

Begitu diberi penjelasan dan mediasi, masyarakat pun memahami. Sesuai jadwal, pada Rabu (13/5/2020), warga yang berhak menerima BST mendatangi kantor pos.

BACA : Pemkab Banjar Salurkan BST Dari Kemensos

Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan pun memuji upaya persuasif yang dilakukan pihak kecamatan dibantu aparat kepolisian dan TNI serta Polres HST.

“Persoalan yang ada akhirnya cepat selesai, karena semua pihak aktif berperan mulai dari pambakal (kepala desa), camat dan unsur pimpinan Forkopim Kecamatan, SKPD terkait sampai pimpinan daerah,” ucap Berry Nahdian Forqan kepada jejakrekam.com, Rabu (13/5/2020).

BACA JUGA : BST Mulai Disalurkan, Ansharuddin : Gunakan untuk Keperluan Bermanfaat

Ia pun berharap agar Camat Batang Alai Selatan serta pemangku kepentingan lainnya untuk aktif dan rajin mendampingi pembakal dalam melakukan melakukan pendataan, verifikasi dan validasinya termasuk memantau dan melihat perkembangan setiap desa.

“Kita buat sistem koordinasi berjenjang mulai tingkat desa hingga kabupaten dengan tetap membuka ruang komunikasi langsung ke pimpinan daerah. Sesekali kita tinjau langsung di lapangan,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.