BST Mulai Disalurkan, Ansharuddin : Gunakan untuk Keperluan Bermanfaat

0

RAUT bahagia nampak terlihat dari wajah masyarakat Balangan yang kali ini menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI melalui Kantor Pos Paringin, Selasa (12/5/2020).

MESKI  tertutup masker, rona bahagia warga penerima manfaat ini tak bisa disembunyikan. Mendapat bantuan uang ditengah Pandemi Covid-19 seperti ini, jelas seperti mendapat siraman air segar ditengah terik matahari.

“Alhamdulillah pak, kami sangat bersyukur mendapat bantuan uang ditengah musim serba sakit seperti saat ini,” ujar Maskinah salah seorang warga penerima manfaat.

BACA : BLT Dana Desa Di Kabupaten Balangan Mulai Dicairkan

Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima BST senilai Rp600.000, dikalikan 3 bulan, jadi setiap KPM menerima BST sebesar Rp1.800.000. “Kami berharap, musim sulit seperti ini bisa cepat selesai, dan kalau bisa bantuanya terus berlanjut tidak hanya 3 bulan saja, supaya bisa  membantu ekonomi  kami,” harap Maskinah.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin yang pada kesempatan tersebut menyerahkan secara simbolis kepada KPM mengimbau agar semua penerima KPM bisa untuk bersabar dalam tahap pengambilan. Ditengah pandemi seperti ini, semua pihak dilarang untuk melakukan aktifitas berkumpul.

“Untuk itu, pengambilan BST nanti jangan berdesak-desakan, antri dengan jarak 1 sampai 2 meter antara satu dengan lainnya,” ucap Ansharuddin.

Ansharuddin pun berpesan, agar penggunaan bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik, untuk keperluan menyambung hidup bukan untuk dihabiskan kepada keperluan yang tidak membawa manfaat. 

BACA JUGA:  Dana Desa Di Balangan Siap Digunakan Untuk BLT Bagi Warga

Untuk pembagian di Kantor Pos sendiri, ada sebanyak 5241 KPM yang menerima di kantor ini. Secara bertahap, setiap Kecamatan di Kabupaten Balangan bergantian datang untuk pengambilan BST.

Adapun untuk jumlah KPM per Kecamatan yang menerima BST melalui Kantor Pos diantaranya, Kecamatan Paringin sebanyak 402 KPM, Paringin Selatan sebanyak 501 KPM, Awayan sebanyak 928, Tebing Tinggi sebanyak 235 KPM. Sedangkan untuk Kecamatan Batumandi sebanyak 702 KPM, Lampihong 760 KPM, Juai 796 KPM, dan Halong sebanyak 917 KPM.

“Jumlah 5241 ini sebenar belum semuanya tersalurkan dari data usulan yang dikirimkan oleh Dinsos Balangan ke Kemensos RI. Sebelumnya kita usulkan 5522 KPM yang akan menerima, tapi sisa yang belum menerima BST ini akan menerima pada tahap selanjutnya,” pungkas Ansharuddin.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.