Lama Zona Hijau, Kini HSU Catat Ada Dua Warga Terpapar Virus Corona

0

LAMA bertahan di zona hijau, kini Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyusul 12 kabupaten dan kota yang telah memiliki kasus positif terinfeksi virus Corona (Covid-19) terhitung Jumat (8/5/2020) lalu.

TERCATAT ada dua warga Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) telah positif Covid-19. Kini satu pasien telah dirawat di RSUD Pambalah Batung, Amuntai dalam protokol perawatan intensif. Sisanya, diisolasi di Ambulung, Banjarbaru.

Berdasar data Gugus Tugas Percepatan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan mencatat ada 8 orang dalam pemantauan (ODP). Sementara, satu pasien dalam pengawasan (PDP) dan dua warga HSU positif Covid-19.

Sebelumnya, Bupati HSU Abdul Wahid yang juga Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 HSU meminta agar warga HSU tidak terlalu panik dengan ditemukan dua pasien positif terjangkit virus Corona.

BACA : Tangani Virus Corona, Pemkab HSU Gelontorkan Dana Hingga Rp 200 Miliar

“Dua pasien ini sudah ditangani dengan baik oleh tim medis. Sebelumnya, kedua pasien ini melakukan isolasi mandiri berasal dari kluster Gowa,” ucap Wahid.

Dua orang itu berasal dari Kecamatan Amuntai Tengah dan Amuntai Selatan. Untuk penanganan perawatan, satu pasien berusia 48 tahun dirujuk ke Ambulung Banjarbaru berdasar rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kalsel untuk menjalani isolasi mandiri.

“Sedangkan, satu pasien lagi berusia 67 tahun dirawat di RSUD Pambalah Batung di ruangan khusus terpisah dari pasien lainnya karena berisiko tinggi,” ucap Wahid.

Ia memastikan bantuan berupa paket sembako diberikan kepada kedua pasien itu, termasuk keluarga agar bisa efektif dalam menjalani isolasi dan perawatan dengan pengawasan tim medis.

BACA JUGA : Brigade 08 HSU Kritik Soal Rencana Gedung SMAN 1 Amuntai Jadi Rumah Karantina ODP

“Saya minta agar masyarakat tetap berprasangka baik terhadpa kelaurga pasien yang berada di lingkungannya. Kami minta agar tetap menaati protokol pencegahan Covid-19 seperti keluar rumah menggunakan masker, jaga jarak, menghindari kerumunan serta berperilaku hidup bersih dan sehat dengan selalu mencuci tangan dengan sabun,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.