Pasien Covid-19 Kembali Melonjak, Totalnya Kini Capai 255 Kasus

0

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan kembali memperbarui data sebaran kasus corona, pada Sabtu (09/5/2020) sore tadi. Melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, pemprov melaporkan hari ini kembali ada kenaikan 9 kasus terkonfirmasi positif, setelah sebelumnya pada hari kemarin tak terjadi lonjakan.

JURU Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalsel, HM.Muslim, berkata lonjakan 9 kasus yang terkonfirmasi positif itu berasal dari hasil penelusuran atau tracking tim surveillance sebanyak lima orang dan 4 orang pasien dalam pengawasan (PDP).

“Lima kasus dari hasil Tracking itu didapat dari Kota Banjarmasin 1 kasus, Kabupaten Batola 1 kasus, dan 3 kasus di Kabupaten Tanah Bumbu. Sementara, 3 orang yang dari PDP dirawat di RSUD Ansyari Saleh, dan 1 orang PDP yang meninggal dunia,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima jejakrekam.com

Dalam kesempatan yang sama, ia juga melaporkan terjadi perkembangan pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Jika hari-hari sebelumnya cuma tercatat 18 orang, maka per hari ini dilaporkan bertambah menjadi 20.

BACA: Hari Ini, Kalsel Kembali Catat Nol Kasus Pasien Covid-19

“Ada yang meninggal pada tanggal 4 dan 8 mei 2020 tercatat 2 pasien yakni KS Covid #247 yang dirawat di Rumah Sakit Ansyari Saleh laki-laki 58 tahun dari Kota Banjarmasin, serta KS Covid# 233 wanita 40 tahun yang juga warga Kota Banjarmasin,” kata Muslim.

Dengan perkembangan kasus yang terkonfirmasi positif, Muslim melaporkan maka saat ini secara akumalatif berjumlah 255 kasus yang sebelumnya hanya 246 kasus.

Rinciannya, dirawat di berbagai rumah sakit yang ada di Kalsel sebanyak 47 pasien, isolasi mandiri dan karantina khusus sebanyak 149 pasien, sembuh sebanyak 39 pasien dan meninggal dunia sebanyak 20 pasien.

Selain itu, Muslim juga menyampaikan per hari ini terjadi pengurangan jumlah PDP yang sebelumnya berjumlah 55 kasus, hingga saat ini hanya 51 kasus.

“Pengurangan terjadi karena ada 2 orang PDP yang dinyatakan negatif Covid-19 yakni yang dirawat di Rumah Sakit Ratu Zaleh Martapura dengan identitas RZ-5 dan RZ-6, serta ada juga pasien PDP yang siang tadi sekitar pukul 11.30 WITA meninggal dunia. Pasein RSUD Ulin dengan kode Ulin-112, laki-lki 60 dari Kota Banjarmasin. Tapi hasil swab yang bersangkutan belum keluar,” ujarnya.

Adapun untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) pada hari ini ada peenambahan sebanyak 33 orang. Sebelumnya hanya 981 ODP dan saat ini berjumlah 1.014 ODP.

“ODP masih didominasi Kota Banjarmasin sebanyak 461, disusul Kabupaten Tanah Bumbu 277, Kabupaten Banjar 77, Kota Banjarbaru 44,Tapin 40,Tanah Laut 27,HSS 20, HST 18, Barito Kuala dan Kotabaru asam 13 orang, Kabupaten Tabalong 9 , dan HSU 8, serta yang terendah Kabupaten Balangan hanya 7 ODP,” tandasnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.