BLT Dana Desa di Kabupaten Balangan Mulai Dicairkan

0

BANTUAN Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa di Kabupaten Balangan mulai disalurkan atau dicairkan.

PENCAIRAN BLT bagi keluarga miskin di desa yang terdampak pandemi Covid-19, secara simbolis dilakukan di Desa Kasai, Kecamatan Batumandi oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, Jumat (8/5/2020).

BLT dari dana desa yang disalurkan saat ini, menurut Bupati Ansharuddin, adalah penyaluran perdana sebesar Rp 600 ribu perbulan untuk tiap kepala keluara (KK) yang menerimanya. BLT ini bakal diberikan sejak bulan April sampai Juni 2020.

BACA : Dana Desa Di Balangan Siap Digunakan Untuk BLT Bagi Warga

Untuk Desa Kasai sendiri, kata Ansharuddin, ada 81 KK yang menerima BLT dana desa ini. Desa lainnya, lanjut orang nomor satu di Bumi Sanggam ini, juga akan segara melaksanakan pencairan  BLT tersebut.

“Pencairannya sendiri langsung disalurkan kepada para penerima dan dikawal para Babinsa setempat. Kita berharap BLT ini bisa membantu masyarakat menghadapi dampak negatif dari wabah Covid-19,” harapnya.

STIKER : Bupati Balangan memasang stiker di rumah warga yang mendapatkan bantuan

Terlepas dari itu, menurut Ansharuddin, pencaira  BLT dana desa ini berdasarkan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 mensyaratkan prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dialihkan jadi untuk Desa Tanggap Covid-19.

Dimana Permen tersebut, penggunaan dana desa dipriotitaskan pada Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“BLT Dana Desa berjumlah Rp600 ribu per keluarga miskin, yang dibayarkan setiap bulan dimulai dari April hingga Juni 2020. Untuk penyaluran sejauh mungkin diselenggarakan secara nontunai agar akuntabilitas terjaga. Namun pada wilayah yang jauh dari akses perbankan dapat disalurkan secara tunai dengan transparan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.