Galang Dukungan, Solidaritas Wartawan Se-Kalsel Ajukan Penangguhan Penahanan Diananta

0

AKSI penahanan eks Pemimpin Redaksi banjarhits.id, Diananta Putera Sumedi, oleh Polda Kalimantan Selatan menyulut reaksi simpatik wartawan di Banua.

SEJUMLAH jurnalis yang tergabung dalam komunitas Solidaritas Wartawan Se-Kalsel pun berencana melayangkan permohonan penangguhan penahanan Diananta dalam waktu dekat.

Menurut Koordinator Solidaritas Wartawan Se-Kalsel, Anang Fadhillah, penyerahan berkas permohonan penangguhan penahanan paling lambat akan diserahkan pada Jum’at 8 Mei 2020 mendatang. Pihaknya sampai saat ini tengah mengumpulkan foto KTP dari jurnalis yang menjamin penangguhan tersebut.

“Sampai saat ini sudah ada 32 wartawan yang ikut terlibat. Kita terus dorong sampai besok, atau hari Jum’at. Sebanyak-banyaknya kita galang dukungan,” ujar Anang Fadhillah.

BACA:Eks Pimred Banjarhits.Id Ditahan Polisi, Polda Kalsel Diminta Patuhi Putusan Dewan Pers

Ia pun menegaskan, aksi ini terbuka untuk organisasi profesi wartawan mana pun. Baik dari Persatuan Wartawan Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, dan lainnya.

“Dari luar kalangan sebenarnya juga boleh. Dari seniman, akademisi, atau kalangan masyarakat lain,” tutur Anang yang juga tercatat sebagai Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kalsel.

Pada Jum’at nanti, Solidaritas Wartawan Se-Kalsel berencana menemui Kapolda Kalsel yang baru menjabat, Irjen Pol Nico Afinta Karo Karo.

Gabungan jurnalis menjamin selama masa penangguhan, Diananta tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barang bukti, menyulitkan pemeriksaan, serta tidak mengulangi perbuatan serupa. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.