Disumbang Banjar-Tapin-Tanbu, Pasien Covid-19 di Kalsel Melonjak Drastis 17 Kasus

0

PEMERINTAH  Provinsi Kalimantan Selatan kembali memperbarui data sebaran kasus corona, pada Minggu  (03/5/2020) sore tadi. Melalui Tim Gugus Tugas Penangaanan Covid-19 Kalsel, pemprov hari ini melaporkan ada tambahan pasien yang terjangkit virus sebanyak 17  orang.

JURU Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim, menuturkan penambahan 17  kasus ini berasal dari hasil tracking dan perubahan status pasien dalam pengawasan (PDP) menjadi positif corona.

“16 diantaranya dari hasil tracking.  Tersebar di Kabupaten Banjar 1 pasien, Kabupaten Tapin  6 pasien,  9 pasien dari Kabupaten Tanah bumbu. Untuk PDP yang berubah menjadi positif ada satu yakni di Rumah Sakit Moch.Ansyari Saleh  dan telah meninggal dunia,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima jejakrekam.com.

Dalam kesempatan yang sama, Muslim juga mengabarkan ada 7 orang pasien yang sembuh. Hasil ini didapat dari dua kali hasil tes swab pasien yang menunjukkan status negatif.

BACA: Pasien Positif Covid-19 di Kalsel Hari Ini Tak Bertambah

“Pasien ini sebelumnya dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin yakni KS COvid # 30,35,39,40,45,77,dan KS Covid # 61,” ujarnya.

Dengan penambahan adanya perkembangan kasus yang terjadi hari ini, Muslim menuturan angka pasien yang terkonfirmasi positif kini berjumlah 196 pasien. Dengan rincian 31 orang dirawat di berbagai rumah sakit di Kalsel, 123 pasien isolasi mandiri, 31 pasien sembuh, dan 11 pasien meninggal dunia.

Sementara, tak cuma jumlah pasien positif yang melonjak. Kata Muslim, angka pasien dalam pengawasan (PDP) juga naik sebanyak 10 kasus. Pasien dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin (6 orang), RSUD Moch Ansyari Saleh (2 orang), Rumah Sakit Ratu Zaleha (1 orang), serta Rumah Sakit Datu Sanggul (1 orang).

BACA JUGA: Lawan Covid-19, Pakar Kesehatan ULM Saran Bangkitkan Optimisme Masyarakat

Adapun untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) pada hari ini ada penurunan. Dari sebelumnya 1.273 orang dan saat ini cuma 1.227.

“Jumlah ODP masih didominasi Kota Banjarmasin sebanyak 504 ODP, disusul Kabupaten Tanah Bumbu 270, Kota Banjarbaru 182, Kabupaten Banjar 73,Tapin 51, HST 24, Tanah Laut 23, HSS 22, Balangan 19, Barito Kuala 18, Kabupaten Tabalong dan HS masing-masing 16, serta yang terendah Kabupaten Kotabaru hanya 9 ODP,” tandasnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.