Ajukan 1.512 Data, Warga Kelurahan Kuripan Hanya Terima 983 Paket Sembako

0

SEBANYAK 983 paket sembako dan uang tunai sebesar Rp 250 ribu dibagikan untuk setiap kepala keluarga (KK) di Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur yang terdampak Covid-19, Jumat (1/5/2020).

RATUSAN paket tersebut didistribusikan kepada 35 RT yang ada di Kelurahan Kuripan. Mekanisme pembagian hanya setiap perwakilan RT yang mengambil di kantor Kelurahan Kuripan. Hal itu bertujuan agar menghindari kerumunan massa di tengah wabah Corona dan aturan physical distancing.

Lurah Kuripan, Rusdiana mengungkapkan, sebelumnya terdapat 1.512 data KK yang mengajukan diri untuk meminta bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Kota Banjarmasin tersebut.

BACA : Matnor Ali Usulkan Penambahan Paket Sembako Bagi Warga Terdampak Covid-19

“Karena tidak masuk dalam verifikasi Dinas Sosial Kota Banjarmasin. Mungkin mereka ada yang sudah terdaftar di PKH (program keluarga harapan), BPNT (bantuan pangan non tunai) dan bantuan langsung tunai,” jelas Rusdiana kepada awak media.

Kendati demikian, Lurah Kuripan ini tetap meminta kepada warganya yang masih belum terdaftar dalam salah satu bantuan tersebut untuk segera melaporkan diri.

“Karena kami sudah berkoordinasi dengan Dinsos Banjarmasin. Jadi, siapa pun warga yang belum mendapat bantuan akan kami ajukan kembali,” ujarnya.

Sementara itu, saat mengambil 27 paket sembako untuk warganya, Ketua RT 18 Kelurahan Kuripan Subhansyah mengatakan bantuan tersebut akan langsung dibagikan untuk kepala keluarga yang telah terdaftar.

Pria yang juga merupakan salah satu pegawai di Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ini menegaskan, 27 paket sembako tersebut akan digulirkan untuk warga yang tepat sasaran.

“Sebenarnya kami mengajukan 33 data. Sistem pendataannya pun kami datangi setiap rumah, apabila sesuai dengan kriteria maka kami data. Jadi insyaallah tepat sasaran,” kata Subhan.

BACA JUGA : Nasib Fakir Miskin Adalah Tanggung Jawab Negara

Sekadar diketahui, selain Kelurahan Kuripan masih terdapat 8 kelurahan lagi yang ada di Kecamatan Banjarmasin Timur yakni Kelurahan Pengambangan, Kelurahan Kebun Bunga, Kelurahan Benua Anyar, Kelurahan Karang Mekar, Kelurahan Sungai Lulut, Kelurahan Pemurus Luar, Kelurahan Pekapuran Raya, dan Kelurahan Sungai Bilu.

Delapan kelurahan tersebut masih belum menerima bantuan sosial lantaran perusahaan penyedia bansos ini hanya mampu menyediakan 3.000 paket setiap harinya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.