Usai Gedung BTKIP, Tiga Sekolah di Banjarmasin Diusulkan Jadi Rumah Karantina ODP Covid-19

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin berencana menambah rumah karantina untuk menampung Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19. Setelah Gedung Balai Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendidikan (BTIKP) yang berlokasi di Jalan Perdagangan, kini sejumlah sekolah di kota seribu sungai disasar sebagai wadah isolasi.

LOKASI alternatif yang mencuat yakni salah satu Sekolah Menengah Pertama yang berada di kawasan Kecamatan Banjarmasin Timur. Hal itu pun langsung disampaikan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

Bahkan ia menyatakan, setiap Kecamatan di Kota Baiman memang wajib mengusulkan lokasi alternatif untuk rumah karantina. Langkah itu dilakukan demi memutus mata rantai Covid-19 di Kota Banjarmasin dengan lebih cepat.

“Perlu ada penanganan secara intensif untuk memutus penyebaran virus corona di setiap wilayah,” ucap Ibnu, Rabu (22/4/2020) lalu.

BACA: Sempat Ditolak Warga, Gedung BTIKP Akhirnya Tetap Dijadikan Rumah Karantina ODP Covid-19

Saat dihubungi jejakrekam.com secara terpisah, Camat Banjarmasin Timur, Ahmad Muzaiyin mengatakan beberapa alternatif lokasi untuk dijadikan rumah karantina memang sudah disiapkan, termasuk sekolah menengah pertama yang disebut-sebut Ibnu.

Bahkan, bukan hanya satu sekolah, Muzaiyin menyebut ada tiga sekolah lain di kecamatannya yang diusulkan menjadi rumah karantina.

“Memang sudah ada dua atau tiga alternatif sekolahan, tetapi belum tahu apakah tempat tersebut sesuai dengan standar untuk dijadikan rumah karantina,” kata Ahmad Muzaiyin, Kamis (30/4/2020).

BACA JUGA: ODP Covid-19 Diantar Pakai Motor ke Rumah Karantina, Warga Komplek BIL 2 Protes

Muzaiyin pun mengungkapkan rencana rumah karantina itu masih terlalu dini untuk dibahas. Lantaran hingga saat ini belum ada pembahasan yang mengarah pada kata sepakat.

Selain itu, menurutnya wadah untuk menampung para ODP Covid-19 itu akan dilihat pada kondisi pandemi virus Corona di Kota Banjarmasin ke depan.

“Jika kasus Covid-19 semakin meningkat dan di BTIKP itu tidak bisa menampung lagi, maka setiap kecamatan diharuskan memiliki rumah karantina. Tetapi semoga tidak meningkat,” ujarnya.

Senada, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto mengatakan, hal tersebut akan terjadi jika penyebaran virus Corona di Kota Seribu Sungai ini terus meningkat. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.