Walikota Palangkaraya Positif Corona, PWI Kalteng Minta Wartawan Jalani Rapid Test

0

WALIKOTA Palangkaraya, Fairid Nafarin, dinyatakan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19, berdasarkan hasil tes swab tenggorokan yang diterima pada Senin (27/4/2020) petang.

TAK ayal kabar ini membuat awak media was-was, terutama pewarta yang sehari-harinya berinteraksi secara langsung dengan Fairid. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah, Haris Sadikin, misalnya, meminta para jurnalis untuk menempuh rapid test covid-19.

“Selain berinteraksi dengan staf, Fairid diketahui beberapa kali berinteraksi dengan puluhan wartawan,” kata ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng HM Haris Sadikin, Selasa (28/4/2020).

Menurutnya, rapid tes penting dilaksanakan mengingat aktitas wartawan cukup padat. Setelah melakukan kontak dengan wali kota, tentu wartawan berinteraksi dengan orang lain.

BACA: PSBB Palangka Raya Ditolak, Walikota Banjarmasin Tunggu Kajian Kemenkes

“Itu berpotensi dalam penyebaran covid-19. Karena itu, penting untuk segera diketahui kondisi kesehatan wartawan yang telah melakukan kontak dengan wali kota. Potensi penyebaran covid-19 semakin besar, mengingat jurnalis lebih banyak berinteraksi,” jelas Sadikin.

Dia mengatakan PWI Kalteng berencana menggandeng organisasi profesi seperti IJTI Kalteng dan perusahaan media untuk mengirimkan surat secara resmi ke Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, untuk mendesak dilaksanakannya rapid tes massal untuk wartawan.

“Mudahan besok sudah kita keluarkan pernyataan sikap bersama. Kami juga mengundang organisasi lain bergabung, agar Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya lebih peka dan tanggap terhadap nasib wartawan,” pungkas Sadikin. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.