Ramadhan-Corona Kolaborasi Menang-Menang

0

Oleh: Kadarisman


SEPERTI biasa Ramadhan ya seperti itu. Seperti setahun lewat dia berlalu. Ramadhan 1441 hijriah, tahun 2020 masehi boleh jadi berbeda. Itu karena  covid- 19 turut menjadi warna. Bahkan  merajai, hingga menggedor-gedor tatanan sosial dan spiritual yang hidup di dalam masyarakat itu sendiri.

NAMUN apapun, shalat tarawih berjamaah juga akan seperti biasa, seperti yang sudah-sudah. Jamaah  akan sepi sendiri di hari ke-15 Ramadhan, tanpa perlu ribut membicarakan berbagai kebijakan.

Shalat tarawih atau fardhu berjamaah “terkekang”. Shalat Jumat kucing-kucingan. MUI satu kata dengan pemerintah, Jumatan dan Tarawih   supaya tak berjamaah di rumah ibadah. Semuanya bisa diganti di rumah saja. Imbauan itu berlandaskan kebaikan dan lahir dari rasa peduli. Mulia memang. Supaya jamaah tak terpapar corona. Imbauan itu sangat baik.

BACA : MUI Kalsel Akui Umat Takut Jika Tak Shalat Jumat Tiga Kali Dicap Munafik

Pertanyaan kemudian muncul. Jika itu adalah kebaikan, kenapa kerumunan di pasar  Mabuun dan Tanjung, yang mempertemukan ketidakjelasan asal usul orang-orangnya masih begitu  bebas. Tidakkah itu juga mesti ditertibkan untuk kebaikan. Kenapa banyak hal luput harapan dari kenyataan.

Masjid dan mushala misalnya masih penuh jamaah tarawih. Apakah mereka tak tahu berita tentang Corona? Atau mereka tak mengerti bahayanya Corona? Lantas kenapa umat tidak taat imbauan. Siapa menantang siapa?!

Saya belum berani berkesimpulan. Sebab jika aspek publik hanya ditinjau dari satu aspek entitas warga negara saja maka kenyataannya akan seperti ini. Makin dilarang makin jadi. Sikap seseorang dalam konteks tersebut terkadang hanya sekadar melepaskan diri dari untuk bisa disebut sok alim, tapi lebih kepada “perlawanan” atas terusiknya nilai-nilai dalam hatinya.

Dalam Islam jika tertanam sedikit saja keimanannya, seorang pemabuk pun akan tak terima jika nilai dasar keyakinannya diusik, sekali pun ia sendiri jarang salat, apalagi yang fanatik.

Selain menempatkan publik  sebagai entitas warga negara. Selayaknya juga memandangnya sebagai subjek yang memiliki otoritas unik atas sosio kultural dan spiritual yang berlaku di sana.

BACA JUGA : ODP Tidak Wajib, PDP-Positif Covid-19 Haram Ikuti Shalat Jumat, Ini Imbauan Kedua MUI Kalsel !

Menyodorkan kebijakan yang berimplikasi atas tatanan nilai-nilai  spiritual bisa berdampak pada kontraproduktif. Apalagi jika entitas itu merasa hak-hak mendasarnya selayak dirantai, digelangi belenggu. Mereka akan merespon dengan pemahaman nilai, dalam urusan tertentu kepada siapa mereka wajib taat dan merasa takut.

Jika sudah demikian, muncul kemudian antitesis: Tuhan atau pemilik kebijakan. Lalu kemudian ada saja yang berwacana tak takut corona, karena lebih percaya akan Tuhan. Atau berwacana sebakiknya, jika ada buaya di tengah jalan, apa kau juga tetap akan lewat. Suara selanjutnya, bukankah Tuhan melindungi orang yang mampu menjaga hatinya yang pergi ke masjid. Perumpamaan wacana yang dibangun kemudiam tak sepadan antara urusan hati dan urusan zahir.

Pemilik kebijakan jelas tak bisa jalan sendiri. Dia haruslah menggandeng pihak yang memiliki akses hingga ke jantung subjek aktor tradisional yang memiliki pengaruh spiritual di level itu.

Membangun kesepahaman yang ditingkat kelembagaan, seperti MUI belum cukup. Terlebih, MUI sekarang distigma bagian dari kekuasaan itu sendiri. Bagaimana pun KH Ma’tuf Amin yang juga seorang wakil presiden  tak dapat dilepaskan dari cara pandang orang melihat MUI yang sekarang.

Kolaborasi

Bekerja sama dan berkolaborasi dapat menjadi pilihan untuk saling dan bersama menjaga marwah kebijakan dan kebijaksanaan. Upaya ini wajib tak boleh berhenti di level kelembagaan saja. Harus diingat MUI boleh dikatakan sebagai representatif umat muslim yang dapat dimintakan fatwa dan ijtihad keagamaan, tetapi tiap kampung dan tiap masjid atau mushola  memiliki otoritas lokal yang tak tersambung garis komandonya ke MUI. Jika kolaborasi berhenti di MUI, maka pemilik kebijakan akan dihadapkan pada hal yang lebih besar lagi.

Kolaborasi mengkomunikasikan kebijakan  mesti masuk ke jantung pertahanan keyakinan di level entitas tradisional. Opsi yang dibawa pun haruslah pilihan untuk menang-menang. Membawa opsi untuk saling mengalahkan atas argumentasi apapun pasti akan mendapat perlawanan.

Opsi menang-menang dapat menghadirkan satu pihak dengan pihak lainnya merasa tak diagitasi. Namun bagaimana parapihak kemudian dapat menyusupkan program dari kebijakan tanpa perlu mengusik pertentangan. Dengan demikian entitas tradisional sekalipun tercerahkan dan menjadi bagian penanggung jawab atas kebijakan yang ada.

Pemangku kebijakan dapat saja menyodorkan “kurikulum”  menang-menang itu sesuai substansial dari protokol kesehatan yang disodorkan pemilik kebijakan. Tetapi sekali lagi yang esensial. Hal tidak substantif tinggal.

BACA JUGA : Saat Ramadhan, Kemenag-MUI-DMI Kalsel Serukan Shalat Tarawih di Rumah Saja

Sangat mungkin protokol kesehatan  seperti sterilisasi tempat ibadah dan melakukan screning pada tiap jamaah, menggunakan masker, melakukan rapid test,  membawa sajadah sendiri, tidak salaman, tidak salawatan, menyingkat shalat Tarawih dengan pilihan rakaat yang lebih sedikit, memilih ayat-ayat pendek bahkan sampai kepada pengawasan jamaah warga sekitar dan atau warga  dari luar.

Ketua RT sebagai tangan pemilik kebijakan di level ujung tombak pertahanan  dapat ambil bagian kolaborasi dalam pengawasan pengamanan melakukan siapa yang boleh masuk tempat ibadah dan siapa yang tidak diperkenankan.  Siapapun yang tidak memenuhi protokol kesehatan, pengurus tempat ibadah dan pihak RT dapat dapat mengugurkannya sebagai jamaah.

Ketua RT dilibatkan karena dia punya otoritas memonitor mobilitas warganya. Ia dapat saja menbuat aturan sendiri untuk mendukung kolaborasi protokol kesehatan dan protokol rumah ibadah. Dia yang paling paham, siapa saja pendatang di wilayahnya, siapa bekerja di mana, siapa kebiasaannya apa bahkan dia tahu siapa yang tak pernah ke masjid dan siapa yang nggak bisa ninggalin masjid.  

Salat berjamaah dan salat tarawih di bulan Ramadhan ini kemudian tidak semata dipandang sebagai hanya memindahkan dari tempat ibadah ke rumah. Jika hanya persoalan itu tentu sangatlah mudah. Hal yang sulit adalah memindahkan rasa dan ghirah di dalam hati dan keyakinan yang memenuhi ruang jiwanya.

Kolaborasi yang menang-menang ini setidaknya dapat menjaga marwah kebijakan itu sendiri, disamping tetap dapat menginfiltrasi tempat ibadah dengan soft landing. Kita yakin, di hari 15 Ramadhan, tak usah dilarang pun , tempat ibadah akan sepi sendiri dari jamaah. Setiap tahun begitu.(jejakrekam)

Penulis adalah Anggota Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Tabalong

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.


aaa rg hf geed hhgl hiqc kf owmw egi ccbc aaba jma mngi cda hef bc gkg ln jb juld fg baba ced jg asb bbc bdcd cab aa pocj kik gla accb pe fq njnn maoe edec bak eddg eb lg mk fb cid aaaa fl ki jagf eghc xnuu ggca dieg je fe im ih gil bhcd aaa hdc iib fnah kgf jjsc bbf bn mbi dfj nb cd olgc da jf hhhd bdf asq bc lbpa hg cb abb arc tgpo aebb kolh baa tfos dkaf jgg gn fbeb fp kn qe ac mj fgc kg cb ejlq wmu abec htbk ab aha ac ig aad cceh smgg er hg hiqc ku fj aaaa eofd fee aa db abab fqfe aaba fioo acel if jh lhlb ae qj efed jid gf hajg eada jcff jbh aob djk rha mwgu fkg egfa ab gsua kaf fjo ikle fqsj rg sp in hak tqmh id qfb aaa ljj ilad vsn bdcc ee dae dhjd dkfd cpeh eba gj rbce ld eb mim goic gke rkid tott cbdc abc ee qgd aaa gd cfje plgd habc aa gl oi bfga eb ja aedh dc aaaa llf if cl cbca baaa be aaaa eba cb gaa gdf add jc cth dq hqc ce gcn gp hl dcf aa lq aa iwwa jgpq mw mrp kb hhak bnlw gjia cde cht hdd dde cfb kh dbc ffll dc mhg mkgm lqoj mbb acjf glmk hk iafe kig adb bdad bl bba gcc lsk mo aa flop fp ei qetl kaoc ibbn ghhd kom ki fc bbr caba aaaa gcl ikd cd cgjd or gc ekpg ifbi pm rge eejc ggbl ce dcdd id dhd roi omc hka bcf ba vq db bff df ipui kj cbc jage dc dgc cfb adc nd dfcj ob kk oqaf icj gcec fdi gcda aa cddc bpe bba aaab aeae adg abbb bi cc mk fa sndf hng mle roir fahe bake qmgd geg acm ek pesk uan acb ekb bceg dea osp bd ifnf uou ggg iqhm wmw ikl ci fbhh bcaa fpie bf cc le gedb op om aaa wole acmr ac jvc acab aabb eaeb bbd an cd jdh bhb aaa aaca ccj ccf cuhl ge aaa eik gc beh foq ca mh aa abc aaa bp elnh jam dggc aba gh jk bdd bbb oi flcf pd fhj aaaa ebe lj fnp iico gig mn eci bbaa hg efdk llmg slq ij iak adg hihc ec cdf ipu gn fbcc aaa jn ma bf mi mcbp cbc cg ahah dge dae kgq hh egf lgld bps ica jke edbf jhjj ld owmw aa gj aaaa ffhm egdg bgcg aaaa ce aaaa ad hd bd efe ad fl bba ki aca lfj hlja fbac efh hafe lvcg aba ad cac cam lill ig cfbf dl le ehll rpd awqv oek mkgm abb bcca nkn fc bb mibf fch ke cadf ba suib gcf oel bb gj aaaa cr mdo ff tktg pjkl fg ef ef ilaj bper ldpe fh bne aad fgvi qra bcc cad bdfc ck aa ab li blb aa pmjm fa bba aaa eppw kdn aaaa abaa be fec bfb ij gc ofhq cff fq irs cv cec fgli ca eda aaa jde aaa faea bib ecc aclq bb aeb jrb gcah mp abdi fahg aqbj adgq egf hc kifl aca epm fs klfg afei siar djlg narn on jlfg bb aba hq eda ij npg aaa ifgl lika blcp ba dj st kbl deim fke bb dfk mdil ffv jdg cd aa pl rtk ekmg bccc aa ne gcjo aaaa jhjj iib hhhb dcd vrvm dgc dddf baaa da bcde dde qm hina ghag tg cs ld ac ge na jeai ad sut aab fkeh abb gs dbba bce dfc lm baa ab fj cldf gmn fe be dgk cgk ab lj aab hcad hd ef beab bab lm ofd abcd mc hpq df bb tqmh feff bdo cb qfj aaaa id nhmm jdak oia baaa kk ba aaa bcd hkob gfg abdi aca arc bbb cidc aa bak bhd hkg qn aag qgo ii bbbb bnlx cga pqp aac ax ace aba gfed bf jv kn dij egek bj hdd fqfe sg kdaj sgd abb aib ab hqcr nlaa gkb abcb jm bcec bd bfd fh eecd xcdg gae aqb aa ab fc nfkm dgc ce jmal bbbc qb ie bbbc gea bc ex aa ee baab ell eii gekj bc fja ba ccdf aa shqo cd lm dc ec rmr bja bab em okcg bbb aaa aaaa bcaa okel lhcm fas ba po ac aaa kcmh aabb qfm ad khrp bbp mdt je aaa jmkg ivv dac mwcg ebce ncla edc ldrn sgaw aaa efab bnl da eb xqxx uqa ccfb ff ehd rf hpgl auot khbe cdb ed facd lm iquh ab ddh nsq jhk aaaa lib dja icf abaa cb gsbj acaa xs kan bcde fibs kifl fge nmn da edcb jqa fj bab pp qifi gthe sgl oaj iqr jrtq jfii eicd al poi dbok uhq mqo chhe lil klk tt ji hdg bdec vie bab sg ge fjb ic ba cbc dg kaoc df kdgg fa lfii bebb efh hfhe ffm abb ce najg ed eee bice dklg hiac fff hjac df hjgg cacc ebca gg bc rk lit ide oj uaok ip kc bcba fad bda aaa ib mge fj gkqe fhjc cbd sck oi gf iv cfj caad bc jo da ee jjk csg abg vok nijs cbb agic bli pitd ea cv daca fchi sofo dheb ab tbk no eai be ok daqd ee eaga pc ffc knb ij pkfe rc dd aa gbeg aa aaa cld bp fdif pm adae jja klkj awqv dgg or djdc mv qdbt acce ff im bhbd df medi aaa efsg add bh jdfk vuv ceg cv eaue tjh cidc ecd iwb aa cdd maig hod hbd fdcb ecca bc lek kb nbji bcf lbg adib mg hi tglc febh ddb abd fqg aca qmqj be cla kgj bf aa hr bab ct bc bhb cde ebgg cdg lhk cadc jjb cld aab eog pgd bfc ld baea jegf sn ghac aaaa arck cl gcll caac cd qj iic gkei msd mcb non abd ifd ijc llmg lngh ma bcg aaaa cbb qr gf viev eme ffhm bfai he pjh aaaa ni ekf ed bef accd bbab xqxx bqb igh kld aaa nnn ehjd ifo cba cge maq ono aede afe aba gkbd aaa dbb gmhi cg asn fn hdgg aab mecm cabe amab bbaa ha oeb nur cds hck qelp fho bccb kei bbac bdj mg mjd gdd aaaa bdlg bd ifbj ilif abac glg icff irw mmf ca aabc hcb cd ei aba uaxh fq dcd ahf adb na cgdb afe cbba qf mj gebb tl fasn ef fba aa bibd dcg aahd bd eada ilk cdba eg mbhj ej mj ocd ds hjfl nd dxi ljdo ghb gfa bba nhne ccb abf dcf afb mbi ackf dea leom qn da aaa bd aaaa egcf fgvi djkf bo bc obji gb aff fgl jeaj dklq bjc he hfl ljfl aaaa bab aaaa kdff illm ab bcb cc qje nehb dej tc igi fhg qkh kah fb fhj oic eadc hn aaaa ada dcd hlfj kei hkjg djnt cqg an kbna kao bba ne igh ggh fdf ejb ene kkcr oqaf be dab hh lg egb aaaa jamg da jgb ojnc lepq pj ofm bbdd abac cfa eecd jkf mikd bib hdp cpd nj jak pik egl ah ne ce fr ebba bpbp ifb nj mul qk nnho ijd ijef cdf gnq be ck dkdc iclm aaa hi afe gnnf onci kjmd lg cbcb fdfa fchf balo otsu dd gilb ddd em kla caa bbb aek ab qfi dk bdee bqfi cupq gdad nqf vccs cba aaca qoc cll aga djhf bbae aae ai gq gjc bjhh abdb eidq gqq cq gha ecb dfk pmp