Dishut Kalsel Bagikan 1.000 Bibit Ulin

0

DINAS Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memperingati Hari Bumi Sedunia 2020 dengan membagikan 1.000 bibit pohon Ulin (Eusideroxylon zwageri) ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) di lingkungan Pemprov Kalsel.

“TADI pagi sudah kita serahkan secara simbolis kepada SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel,” ucap Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, Rabu (22/4/2020) kepada awak media.

Bukan tanpa alasan, Dishut Kalsel memang tak henti-hentinya menyuarakan program menanam demi anak cucu ke depan, salah satunya dengan menggencarkan penanaman pohon, terutama endemik Kalimantan, selaras dengan program revolusi hijau yang senantiasa digaungkan Paman Birin.

Hanif menyebut pihaknya gencar mengkampanyekan penanaman pohon bukan hanya bertepatan pada Hari Bumi Sedunia 2020, namun penanaman pohon dilakukan setiap hari.

BACA JUGA : Tak Layak Kelola HTI, Dishut Kalsel Tertibkan Izin PT Inhutani III Tala

“Dari dalam kawasan hutan hingga di luar kawasan. Ambil contoh seperti Forest City di kawasan gubernuran. Kita ingin di sana itu nanti hijau,” terang Hanif.

Namun, pada kesempatan kali ini, Hanif sengaja membagikan tanaman yang bernama latin Eusideroxylon zwageri Teijsm & Binn itu kepada SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel.

“Sengaja kita bagikan. Setiap SKPD mendapatkan 20 batang, ini tumbuhan endemik di Kalsel. Pohon ini juga susah ditemukan,” ungkapnya.

Selain untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup, pembagian bibit Ulin juga bertujuan melestarikan Ulin agar tak punah ditelan zaman.

“Ini sangat penting untuk kita lestarikan secara bersama,” tutup Hanif. (Jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.