Sikapi Covid-19, Masjid dan Mushala di Balangan Dihimbau Tak Gelar Sholat Tarawih

0

MENYIKAPI bulan suci Ramadan yang semakin dekat di tengah masih tingginya penyebaran wabah COVID-19, Pemkab Balangan menggelar rapat koordinasi bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Balangan, Senin (20/4/2020).

BERLANGSUNG di Aula Benteng Tundakan Setdakab Balangan, Rakor juga turut dihadiri Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Kapolres Balangan, sejumlah pengurus masjid, tokoh agama dan organisasi keagamaan yang ada di Bumi Sanggam.

Dalam rapat ini disepakati bahwa mengimbau semua panitia masjid untuk tidak melaksanakan salat Jumat dan tarawih secara berjamaah di masjid maupun di musala. “Selain itu, kita juga juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar tidak melaksanakan buka puasa bersama, dan meniadakan pasar Ramadan,” ujar Bupati Balangan, Ansharuddin.

Kendati tidak ada pasar Ramadan, namun Ansharuddin tidak melarang warga apabila ingin berjualan makanan untuk berbuka puasa di depan rumah masing-masing, sehingga tidak mengumpulkan orang banyak.

Pada kesempatan yang sama, Ketua MUI Kabupaten Balangan, KH Yusuf berharap, imbauan baik dari pemerintah maupun MUI ini ditaati oleh para pengurus masjid, untuk kebaikan bersama. “Ini hanya bersifat sementara, sambil kita berdoa agar wabah Covid-19 ini segera hilang,” ajaknya.

Sementara itu, pengurus masjid Al Akbar, Islamic Center Kabupaten Balangan, KH Zainuddin mengatakan, pihaknya akan mengikuti imbauan tersebut, seperti tidak mengadakan salat Jumat dan tarawih berjamaah. “Meskipun begitu, kita tidak menutup pagar masjid. Namun, kita sediakan sabun di tempat wudu, dan dianjurkan membawa sajadah sendiri,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.