Empat Pasien Positif Covid-19 Tabalong Dirawat di RSUD H Badaruddin Lama

0

SETELAH sempat dirawat di rumah singgah, empat warga Tabalong yang positif terpapar positif virus Corona (Covid-19), akhirnya menjalani isolasi di RSUD H Badaruddin yang lama di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Tanjung.

KEEMPAT pasien itu dipindahkan pada Selasa (20/4/2020) malam dengan menggunakan dua buah mobil ambulance RSUD H Badaruddin Kasim, Tanjung.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan,  Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabuapten Tabalong, dr Taufiqurrahman Hamdie mengungkapkan empat dari lima pasien positif Covid-19 asal Tabalong ini dirawat di RS H Badaruddin yang lama. Sedangkan, satu pasien lagi dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin.

“Berdasar petunjuk teknis (juknis) pasien positif Corona dengan tanpa gejala cukup dirawat di rumah sakit setempat dengan secara intensif,” ujar Taufiqurrahman Hamdie kepada jejakrekam.com, Selasa (21/4/2020).

BACA : Tertinggi Di Kalimantan, Kasus Covid-19 Kalsel Hampir Tembus 100 Pasien

Keempat pasien itu, beber Taufiqurrahman, dirawat di bekas ruang super VIP yang memang sudah direnovasi sebagai tempat merawat pasien yang terpapar Covid-19.

“Memang belum semua ruangan selesai direnovasi, tapi ruangan super VIP ini sudah bisa digunakan untuk perawatan dan isolasi pasien  Covid-19,” ujarnya. 

Saat ini, beber Taufiq, pihaknya juga sudah mulai melakukan proses perekrutan pegawai untuk bertugas di RS yang lama ini, seperti tenaga medis dari dokter spesialis paru, perawat hingga apoteker.

Tak hanya itu, perekrutan juga dilakukan untuk tenaga penunjang lainnya seperti juru masak, satpam, sopir, cleaning servis,  petugas keamanan dan pengurus jenazah.

Taufiq menjelaskan hingga sekarang tidak ada penambahan pasien positif, hasil swab terakhir sebanyak 7 orang sudah dikirim ke RSUD Ulin Banjarmasin.

“Hasil test swab terakhir sudah dilakukan pada tujuh orang warga kluster Gowa. Saat ini, kami masih menunggu hasil laboratoriumnya,” ucap Taufiq.

BACA JUGA : Tabalong Sumbang Dua Kasus Positif Covid-19, Pasien Berasal dari Kluster Gowa

Ia berharap dari hasil swab terakhir ini, tidak ada lagi penambahan pasien asal Tabalong yang positif terinfeksi virus Corona.

“Kami mohon dibantu dengan doa dari masyarakat Tabalong agar tidak ada lagi tambahan pasien positif Corona di Tabalong,” ujarnya. 

Dari hasil test swab, warga  yang termasuk kluster Gowa sebanyak 17 orng yang sebelumnya dinyatakan reaktif. Namun, ada empat tahap yang harus ditempuh untuk menyatakan positif Covid-19.

Tahap pertama, dari tiga orang yang diambil lendir dalam test swab, dua orang di antara dinyatakan positif terinfeksi dan satu orang negatif Covid-19.

Dari test swab tahap kedua sebanyak tujuh orang, juga dinyatakan dua orang positif Covid 19 dan lima orang sisanya negatif. Kemudian, tahap ketiga dan keempat sebanyak 7 orang, hasilnya belum diketahui.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.