Bupati Balangan Sampaikan LKPj Anggaran 2019

0

BUPATI Balangan H Ansharuddin yang diwakili Sekdakab Balangan, Ir Ruskariadi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung-jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Balangan tahun anggaran 2019, saat pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Balangan, Senin (20/4/2020).

DALAM paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan tersebut, turut berhadir wakil ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi, para anggota DPRD Balangan, jajaran pejabat Pemkab Balangan serta perwakilan Kapolres Balangan, Kejari Balangan dan Pengadilan Paringin.

Dalam penyampaiannya, Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan, LKPJ ini merupakan sebuah kewajiban sebagaimana diatur oleh undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, serta peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah, dan laporan tersebut disusun berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019 yang merupakan penjabaran Tahunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RJPD) Kabupaten Balangan.

BACA : Cegah Dampak Covid-19, Dinsos Balangan Percepat Penyaluran Bansos

Laporan ini, menurut dia, pada prinsipnya memuat informasi mengenai hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah selama satu tahun anggaran, penjabaran anggaran pendapatan dan belanja daerah, serta capaian kinerja pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan.

Dalam hal ini, kata dia, kewenangan daerah mencakup 24 urusan wajib dan 6 urusan pilihan. Sedangkan penyelenggaraan tugas pembantuan dan penugasan untuk kabupaten terutama adalah mengenai dana desa dan bagi hasil pajak dan retribusi.

“Tentu saja, tindak lanjut atas rekomendasi pansus LKPj pada tahun sebelumnya, beserta hasil-hasilnya, juga termuat dalam laporan ini,” bebernya.

BACA JUGA: Pasien Positif Covid-19 Di Balangan Sembuh

Dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan di tahun 2019, lanjut dia, tentu banyak dijumpai permasalahan. Beberapa solusi berhasil diterapkan dan cukup efektif menjawab permasalahan, namun pihaknyai dan semua pihaknya tentu harus terus bersinergi untuk mengembangkan lagi solusi-solusi yang ada, maupun mengembangkan solusi-solusi baru untuk permasalahan yang masih menghambat kemajuan daerah.

“Permasalahan yang masih tampak dominan adalah terkait dengan sumber daya manusia, baik pada aparatur maupun pada masyarakat,serta koordinasi antar-instansi atau antar sektor. Semua kami sajikan dalam LKPj yang kami sampaikan ini sudah kami susun dengan sebaik-baiknya, melalui berbagai tahapan, dan kami sampaikan dengan harapan dapat segera diperiksa dan dibahas oleh dewan secara internal, agar dewan sesegeranya dapat memberikan rekomendasi ataupun masukan yang positif guna perbaikan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan Kabupaten Balangan di tahun ini dan tahun-tahun mendatang,” bebernya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.