Masjid Noor Banjarmasin Tak Gelar Shalat Tarawih

0

TIBANYA bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah tinggal menghitung hari. Dalam bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan ini, umat Islam biasanya ramai-ramai ke masjid untuk melaksanakan shalat tarawih berjamaah.  

TAPI, untuk tahun 2020 ini, di mana virus Corona masih terus merebak, akan terjadi hal yang berbeda. Hampir semua masjid dipastikan meniadakan shalat tarawih. Termasuk di Masjid Noor yang terletak di Jalan Pangeran Samudera, di pusat Kota Banjarmasin.

Pantauan jejakrekam.com pada Senin (20/4/2020) pada masjid di kawasan Kelurahan Kertak Baru Ulu, Banjarmasin Tengah, itu nampak sepi-sepi saja. Tak ada persiapan mencolok untuk menyongsong tibanya Ramadhan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Pengurus Masjid Noor Banjarmasin,  H Rahman Hakim, menyatakan pihaknya memang telah memutuskan tidak melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid yang biasanya ramai pengunjung tersebut. 

“Kami dan seluruh pengurus Masjid Noor mengucapkan mohon maaf karena tahun ini tidak dapat mengadakan atau melaksanakan shalat tarawih berjamaah seperti biasanya atau sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,” katanya. 

BACA: Saat Ramadhan, Kemenag-MUI-DMI Kalsel Serukan Shalat Tarawih di Rumah Saja

Tak cuma itu. H Rahman mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan beberapa pengurus lainnya, pihaknya pada Ramadhan kali ini menyepakati tidak melaksanakan kegiatan buka puasa untuk para jamaah.

“Kecuali yang sifatnya dadakan. Misalnya pada saat menjelang berbuka puasa ada sejumlah  jamaah datang dari jauh (musafir) ingin melaksanakan ibadah shalat magrib, insya Allah kami akan memberikan makanan ringan untuk berbuka puasa,” ujarnya.

Terkait dengan tidak adanya kegiatan buka puasa ini, H Rahman kembali menyampaikan permohonan maaf dari segenap pengurus Masjid Noor. “Kita harus mematuhi aturan yang disampaikan pemerintah dan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI ),” katanya. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.