Kasus PDP Covid-19 Di Kalsel Masih Bertambah

0

BERDASARKAN data Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan, hari ini tercatat tambahan 4 Kasus Pasien dalam Pengawasan (PDP).

“MESKI demikian, ada juga pengurangan. Yakni, yang tadinya PDP turun menjadi ODP,” kata Jubir Covid-19 Propinsi Kalsel, HM Muslim, melalui siaran pers  yang diterima Jejakrakam, Senin (2020).

Muslim menjelaskan, penurunan status 4 PDP menjadi ODP itu terjadi di RSUD Ratu Zaleha Martapura 1 pasien, RSUD Ulin Banjarmasin 1 pasien, Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin 1 pasien, dan Rumah Sakit Sultan Suriansyah Banjarmasin  1 pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kalsel ini melanjutkan, disamping ada pasien dari PDP menjadi ODP, juga ada pasien pengurangan dari PDP. Yakni yang dirawat di RSUD Hasan Basri Kandangan sebanyak 2 pasien.

BACA : Kasus Covid-19 Kalsel Melonjak Lagi, 4 Pasien Positif Terlacak dari Gowa

Kemudian, jumlah PDP yang hari ini sebanyak 16 kasus, rinciannya, dirawat di RSUD Ulin sebanyak 4 pasien, Rumah Sakit Moh Ansyari Saleh 3 pasien, RSUD Hasan Basri 3 pasien, Rumah Sakit Islam Banjarmasin 1 pasien, RSUD Ratu Zaleha 1 pasien, Rumah Sakit Suaka Insan 1 pasien, dan Rumah Sakit Sultan Suriansyah 1 pasien. Selain itu, ada 2 pasien isolasi mandiri di Kabupaten Balangan.

Muslim lebih jauh mengungkapkan, pasien yang terkonfirmasi positif saat ini sebanyak 79 kasus. Rinciannya, di RSUD Ulin Banjarmasin 19 pasien, Rumah Sakit Ansyari Saleh 4 pasien, RSUD Abdul Azis Marabahan 2 pasien, RSUD Hadji Boejasin Pelaiuhari  2 pasien, Rumah Sakit Idaman Banjarbaru 2 pasien, RSUD Damanhuri Barabai 3 pasien, RSUD Badaruddin Tanjung 2 pasien. “Sedangkan yang diisolasi mandiri di rumah maupun di tempat karantina khusus sebanyak 45 pasien.

BERITA TERKAIT : Terjadi Transmisi Lokal Covid-19, Ini Alasan Menkes Terawan Setujui PSBB Banjarmasin

Lalu, kondisi 79 sendiri adalah: yang dirawat di rumah sakit 28 orang, kondisi stabil,  sebanyak 5 pasien kondisinya masih sesak napas. Sedangkan yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 45 pasien, juga kondisinya semua  stabil.

Selanjutnya, kondisi 16 PDP adalah: sebanyak 13 pasien dalam keadaan stabil, dan 3 pasien kondisinya masih sesak napas.

Muslim juga melaporkan, pada hari ini yang ODP ada penurunan. Kalau sebelumnya pada ada 1.383 orang, maka hari ini ada penurunan 25, sehingga tersisa sebanyak 1.318 orang.

Dari 1.318 ODP itu yang terbanyak masih didominasi dari  Kota Banjarmasin sebanyak  503 orang, disusul  Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 229 orang, Kota Banjarbaru juga sebanyak 229 orang, Kabupaten Banjar 68 orang, Kabupaten HSS 61 orang, Tabalong 47 orang,  Kabupaten Barito Kuala 45 orang, Kabupaten Tapin 29 orang, Kabupaten Tanah Laut 28 orang, Hulu Sungai Tengah 27 orang, Hulu Sungai Utara 22 orang, Balangan 19 orang, serta yang terendah Kabupaten Kotabaru 11 orang. (Jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.