Diawali Marabahan, Pemkab Batola Distribusikan Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

0

PEMERINTAH Kabupaten Barito Kuala (Batola) mulai mendistribusikan paket sembako bagi warga yang terdampak penyebaran Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) belakangan waktu terakhir. Aksi bagi-bagi barang pokok ini diklaim sebagai komitmen pemkab batola agar kondisi masyarakat benar-benar terjamin saat pandemi.

MENANDAI pembagian paket, tiga warga diajak secara simbolis untuk menerima bantuan ini di Jalan Jenderal Sudirman Marabahan, Jumat (17/04/2020) pagi tadi. Masing-masing penerima diguyur bantuan barang pokok berupa 10 kilogram beras, 2 kilogram gula pasir, 2 liter minyak goreng dan 1 rak (25 biji).

“Kami bagikan paket sembako ini secara bertahap,” tutur Bupati Batola, Noormiliyani, didampingi Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Fuad Syekh, serta pejabat lainnya.

Menurut dia, pembagian paket sembako yang merupakan bagian jaring pengaman sosial masyarakat terdampak Covid-19 ini tahap pertama sebanyak 3 truk untuk penerima di Kecamatan Marabahan.

Sebelum diberangkatkan, ia menjelaskan truk yang berisi ribuan paket itu terlebih dahulu dilakukan pelepasan yang diawali doa bersama dengan harapan wabah Covid-19 segera berlalu. Usai doa bersama,tiga truk itu langsung diantar ke Kantor Kecamatan Marabahan untuk didistribusikan.

Sekadar diketahui, sembako yang dibagikan itu dananya berasal dari realokasi anggaran perjalanan dinas pegawai dari seluruh
SKPD lingkup Pemkab Batola.

BACA: Pemkab Batola Siapkan 20 Ribu Paket Sembako untuk Warga Miskin Terdampak Covid-19

Noormiliyani berharap, bantuan yang dibagikan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 seperti warung dan pedagang kecil, tukang ojek, tukang becak, tukang kelotok, dan lain-lainnya yang mengalami penurunan penghasilan akibat sepinya pembeli.

“Semoga bantuan ini memberi berkah dan bermanfaat bagi masyarakat penerima,” harapnya.

Di sela kegiatan, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu, juga tak lupa mengingatkan petugas untuk menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, menjaga jarak saat beraktivitas dan bertugas, termasuk pada saat membagikan bantuan.

“Tolong tetap dijaga protokol kesehatannya, tetap dijaga jarak antar warga jangan sampai bergerombol,” pesannya.

BACA JUGA: Cegah Covid-19, Batola-Banjarmasin Gelar Posko Bersama di Handil Bakti

Sebelumnya, Kadinsos Batola, Fuad Syekh menyampaikan, 20 ribu paket sembako yang dibagikan ini akan disebar di-17 Kecamatan se-Batola. Namun untuk tahap pertama pembagian diawali di Kecamatan Marabahan.

Sementara itu, Kadiskoperindag Batola Purkan menyatakan, beras yang dibagikan ini berasal dari Anjir yang merupakan produk kelompok tani. Begitu pula telur yang diambil dari peternak Batola sendiri.

“Kita berharap dengan adanya kebutuhan sembako ini akan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat selain membantu masyarakat yang terdampak Covid-19,” ucapnya. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.