Sasar Pekerja Jalanan, Alumni Lemhanas Kalsel Bagikan Seribu Masker

0

ADA 1.000 masker dibagikan pengurus dan anggotaIkatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (Ikal Lemhanas) Komisariat Provinsi Kalimantan Selatan d berbagai sudut Kota Banjarmasin, Sabtu (11/4/2020).

MEREKA menyasar para pekerja informal yang harus turun ke jalan untuk mengais rezeki atau pekerja jalanan seperti pengojek, pengepul sampah, pedagang kecil, penarik becak dan lainnya yang ada di Kota Banjarmasin.

Ketua Ikal Lemhanas Komisariat Provinsi Kalsel Zulkipli mengungkapkan wabah virus Corona (Covid-19) menjadi keprihatinan bersama, karena virus itu tak hanya menyasar warga Kalsel dan Indonesia, namun hampir seluruh dunia.

“Inilah pentingnya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Semua harus bergerak. Termasuk mengharuskan warga yang ingin keluar rumah menggunakan masker. Inilah yang memotivasi kami untuk membagi masker gratis,” ucap Zulkipli, usai menyerahkan masker secara simbolis untuk dibagikan ke masyarakat di RTH Kamboja, Jalan Anang Adenansi, Banjarmasin, Sabtu (11/4/2020).

BACA : Ada Ambulance Inovasi Biddokes Polda Kalsel, Rapid Test Covid-19 Makin Mudah

Ia mengakui di tengah keterbatasan sosial dan ekonomi terutama bagi warga yang paling terdampak Covid-19, perlu uluran tangan.

“Mereka tidak mampu untuk membeli atau memiliki masker, ditambah barang itu juga langka di pasaran saat wabah Corona ini,” ucap Zulkipli.

Ia pun berharap walau mendapat masker, warga bisa lebih banyak beraktivitas di rumah di tengah wabah Corona.

“Ini demi mengurangi warga yang terjangkit virus yang membahayakan ini,” ucapnya didampingi Sekretaris Ikal Lemhanas Komisariat Provinsi Kalsel, Fathurrahman.

BACA JUGA : PKK Banjarmasin Sudah Cetak 15 Ribu Masker Untuk Dibagikan Kepada Warga Kurang Mampu

Para anggota dan pengurus Ikal Lemhanas Komprov Kalsel pun langsung bergerak. Mereka menemui pasar pedagang di Pasar Teluk Dalam Muara, usai membagikannya di depan RTH Kamboja. Kemudian, pekerja sampah di TPS Kayutangi pun tak luput untuk mendapat kain penutup hidung dan mulut itu.

“Kami berharap gerakan ini bisa berlanjut di kabupaten dan kota se-Kalsel. Sebab, rencananya kami akan membagikan hand sanitizer usai pembagian masker. Termasuk, alat pelindung diri untuk tenaga medis. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap,” ucap Wakil Sekretaris Ikal Lemhanas Komprov Kalsel, M Deddy Permana.

Wakil Bendahara Ikal Lemhanas Komprov Kalsel, Fatimah Adam menyebut pembelian masker dan lainnya ini merupakan donasi dari para pengurus dan anggota sejak sepekan lalu. Hal ini akan dilanjutkan hingga target yang dicanangkan tercapai.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.