ACT

Pasien Positif Covid 19 Asal Tabalong Jadi Dua Orang

0 102

TERCATAT pada Minggu (5/4/2020) pukul 16.00 Wita, jumlah pasien positif Corona (Covid-19) di Kabupaten Tabalong bertambah menjadi dua orang.

JUMLAH ini berdasar data Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan. Jumlah terkonfirmasi sebanyak 16 orang, dimana dua diantaranya berasal dari Tabalong. Dan, sekarang dirawat di RSUD Ulin, Banjarmasin.

Juru bicara Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Tabalong dr Taufiqurrahman Hamdie membenarkan kalau jumlah pasien terkonfirmasi untuk warga Tabalong bertambah jadi dua orang.

Pasien tersebut ungkapnya mempunyai riwayat perjalanan ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mengikuti ijtima ulama. Pasien yang baru positif tersebut berjenis kelamin laki-laki berusia 74 tahun yang sebelumnya berstatus PDP dan sudah menjalani isolasi di RSUD Ulin Banjarmasin.

Terkait masyarakat Tabalong yang mengikuti ijtima ulama di Gowa, semuanya sudah mengikuti cek kesehatan dan sudah karantina mandiri. “Dari 58 warga yang mengikuti ijtima ulama, hanya satu yang positif. Sebagian besar sudah selesai menjalankan karantina mandiri dan sebagiannya lagi masih dalam masa karantina mandiri,” ujarnya.

Taufiq meminta masyarakat tetap tenang dan meningkatkan social dan physical distance untuk memutus penularan Covid 19. “Peran serta masyarakat untuk melapor jika datang dari daerah dengan transmisi lokal dan melaporkan jika mengetahui pendatang yang masuk ke Tabalong dari daerah transmisi lokal tersebut sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Ia meminta agar kepada masyarakat yang berstatus ODP dan PDP dalam masa karantina agar tetap menjalani karantina mandirinya dengan disipilin. “Tetap berada di dalam rumah selama 14 hari bagi masyarakat yang menjalani masa karantina mandiri,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengimbau kepada seluruh masyarakat Tabalong untuk tetap tenang dan jangan panik berlebihan.

“Pasien positif Covid yang berasal dari Tabalong menjalani isolasi di RSUD Ulin Banjarmasin. Dan untuk semua orang yang sudah berdekatan dengan pasien yang positif ini sudah di karantina secara mandiri,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.